Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghalau Hoki Jelek Rumah Menghadap Timur

Kompas.com - 01/02/2013, 11:04 WIB

KOMPAS.com - Masih ada jalan keluar untuk Anda yang memiliki rumah menghadap ke arah timur. Rumah menghadap timur tidak selalu membawa hoki atau keberuntungan.

"Arah yang bagus untuk posisi rumah itu justru arah utara dan selatan," kata ahli fengsui Yohan Suyangga pada acara bincang-bincang Improves Feng Shui in 2013 with Chrystal Chandelier di ruang pamer Medici, Bellezza Shopping Arcade, Jakarta, pada Rabu (30/1/2013).

Menurut dia, menentukan posisi rumah tergantung pada arah pintu utama. Jika bangunan rumah menghadap selatan, namun pintu rumah menghadap timur, maka rumah Anda dianggap menghadap timur.

"Kalau rumah menghadap timur, taruh pot atau kristal warna merah di depan balkon atau pas di dalam rumah dekat pintu masuk. Lebih bagus lagi, Anda letakkan sepasang burung merak atau lukisan sepasang burung merak di sana," terang Yohan.

"Bunga artifisial warna merah juga bagus untuk menetralisir energi," tambahnya. 

Banyak orang memilih rumah menghadap timur lantaran rumah tersebut dianggap mampu memberikan sinar matahari pagi yang cukup. Yohan tidak menepis hal tersebut. Tapi, timur itu arah pertengkaran.

"Semakin lama semakin makmur, itu alasan banyak orang memilih timur," ujarnya.

Yohan mengatakan, rumah menghadap timur tidak akan jadi masalah jika pemilik rumah memastikan rumahnya terang, terutama di bagian depan rumah. Selain itu, harus dipastikan juga halaman rumah tertata rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com