Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pancaran "Energi Positif" dari Lampu Kristal

Kompas.com - 31/01/2013, 12:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ahli fengshui Yohan Suyangga menyampaikan, bahwa lampu kristal atau chandelier mampu meningkatkan feng shui di rumah Anda. Namun, ada hal-hal yang ternyata harus Anda perhatikan berikut ini.

"Chandelier membuat suasan semakin cantik, makin banyak kristal akan makin bagus. Kenapa, karena kristal itu mempengaruhi suasana romantis di rumah, suasana hati di rumah. Semakin banyak kristal di dalam rumah, suasananya semakin harmonis. Karena kristal menetralisir energi negatif," papar Yohan di sela bincang-bincang bertajuk 'Improves Feng Shui in 2013 with Chystal Chandelier' di Medici, Bellezza Shopping Arcade, Jakarta,  Rabu (30/1/2013).

"Kristal ini dibuat dengan fire element, yaitu api. Karena itulah, kristal membuat energi yin menjadi yang. Semakin besar kristal, makin banyak kristal, semakin positif energi chi rumah kita," tambah Yohan. 

Dia mengatakan, semakin berat kristal, semakin bagus juga energinya. Untuk itulah, chandelier dengan kristal merah perlu diletakkan pada bagian depan atau ujung dalam rumah.

"Hal ini untuk melancarkan energi," ujarnya.

Mengenai penempatan chandelier ini, Yohan memaparkan beberapa tips penting untuk diikuti. Pertama-tama, Anda bisa menentukan lokasi tempat Anda ingin meletakkan chandelier. Menurut dia, penempatan chandelier sebaiknya di lobi, ruang keluarga, atau di ruang tamu.

"Jangan letakkan chandelier di kamar utama. Cukup berbahaya meletakkan chandelier di tempat ini. Jika terjadi hal tidak diinginkan, chandelier dapat menimpa penghuni rumah yang tengah tertidur pulas," ujarnya.

Namun, dengan penempatan yang tepat, kata Yohan, chandelier berfungsi untuk menetralisir energi negatif. Inilah manfaat Anda menentukan posisi penempatannya.

Setelah yakin ingin menempatkan chandelier di salah satu ruang di rumah, ada baiknya Anda mengetahui dengan pasti ukuran ruang tersebut. Kemudian, sesuaikan ukuran chandelier dengan ukuran ruangan.

Terakhir, ketahui juga cara merawatnya. Jika tidak mampu merawat chandelier, justru keluarga pemilik chandelier tersebut akan merugi.

Yohan mengingatkan, sebagian orang berpendapat, bahwa cara membersihkan chandelier adalah dengan air garam. Namun, ia mengatakan, air garam justru merusak chi.

"Gunakanlah matahari atau cukup nyalakan lampu. Cahaya mencuci energi kristal. Cahaya ini membuat energi kristal menjadi kuat. Kristal tanpa cahaya tidak akan kuat," kata Yohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com