Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang LA City Bangun Tandon Air Konata

Kompas.com - 28/01/2013, 17:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang hunian apartemen menengah LA City kini telah menggunakan sistem Konservasi Air dan Tanah (Konata) di sekitar proyek properti apartemennya di RW 04, Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Pemanfaatan teknologi yang sudah dikenal sejak 1974 silam ini terbukti mampu menghindarkan warga dari bencana banjir yang sempat mengepung sebagian besar wilayah di Jabodetabek.

"Pada 15 Desember lalu kami sudah menanam enam titik di sekitar proyek LA City. Itu bermanfaat pada banjir yang terjadi pada 20-23 Desember lalu, sehingga wilayah hunian warga RW 04 terhindar dari genangan banjir," ujar Direktur Utama PT Spekta Properti Indonesia, pengembang LA City, Judy Subaryadi, di Jakarta, Senin (28/1/2013).

Judy menambahkan, pada awal Januari lalu pihaknya juga telah menambahkan 15 titik sistem tandon air itu di sekitar lokasi proyek.

Komisaris PT Spekta Properti Indonesia, Bally Saputra, menambahkan sistem tandon air Konata terbukti efektif dalam mencegah banjir sekaligus mengamankan cadangan air tanah, khususnya di wilayah pemukiman. Dengan memasukkan air hujan ke dalam tandon atau sumur, limpasan air hujan akan langsung meresap ke dalam tanah.

"Selain itu, Konata juga dapat berfungsi mencegah kerusakan infrastruktur dengan memperpendek aliran air permukaan atau surface run off. Fungsi penting lainnya juga bisa meningkatkan ketersediaan cadangan air tanah secara cepat, tepat dan aman," tuturnya.

Soal biaya, Direktur Teknik PT Spekta Properti Indonesia, Ahsanul Haq, mengatakan pembuatan sistem tandon Konata ini relatif mudah dan murah. Masyarakat bisa membuat sumur berbentuk silindris dengan diameter 100 cm dan kedalaman 400 cm.

"Kemudian, masukkan silindris Konata ke dalam lubang sumur untuk memperkuat dinding sumur dari kemungkinan longsor dan letakkan precast beton khusus ukuran 120 x 120 cm d iatasnya untuk mengamankan sumur," kata Ahsanul. 

Dia mengatakan, Konata bisa dipasang di lokasi yang kerap terjadi banjir, seperti di taman atau halaman. Sistem tandon air ini juga dapat diletakkan di sisi selokan dengan membuat sodetan agar selokan menjadi kering guna menghindari berkembang biaknya nyamuk demam berdarah.

“Kalau dibuat di ujung saluran pembuangan air di perumahan misalnya, Konata ini bisa meresapkan air hujan dan seluruh air buangan di lokasi setempat," tambah Ahsanul.

Adapun proyek LA City terdiri dari dua menara apartemen dengan total 1.000 unit yang dibangun di areal seluas 1,8 hektar. Apartemen bernilai investasi sekira Rp150 miliar itu telah laku terjual sebanyak 80 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com