Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Tempat Tidur Bukan "Ilmu Mengira-ngira"

Kompas.com - 21/01/2013, 18:29 WIB

KOMPAS.com - Tempat tidur dan kasur saat ini bukan tergolong barang murah. Anda perlu melakukan survei kecil dan mempertimbangkan kebutuhan Anda sebelum memutuskan membelinya: 

Berikut ini beberapa tips sederhana bagi Anda yang ingin membeli tempat tidur:

1. Ketahui ukuran kamar tidur

Perhatikan bentuk dan ukuran kamar tidur Anda. Bila perlu, catatlah ukuran kamar. Semakin kecil kamar Anda, semakin kecil pula ukuran tempat tidur yang sebaiknya menjadi pilihan Anda.

Namun, jika Anda berikeras memilih tempat tidur berukuran besar, Anda akan sulit bergerak di dalam kamar Anda sendiri. Selain itu, ketinggian kamar tidur juga penting dalam menentukan ketinggian tempat tidur serta headboard-nya.

Ada baiknya Anda menghindari "ilmu mengira-ngira" ukuran kamar dan ukuran tempat tidur. Perlu dicatat, bahwa tempat tidur yang ada di ruang pamer atau di pusat perbelanjaan akan tampak lebih kecil atau bahkan lebih besar dari ukuran sebenarnya.

2. Pastikan anggaran

Aspek ini penting dalam setiap kegiatan belanja Anda, termasuk urusan tempat tidur. Jadi, ketika memilihnya, perlu Anda lihat juga, apakah harga tempat tidur tersebut masuk dalam anggaran Anda.

3. Sesuai dengan tema

Tempat tidur merupakan titik fokal dari sebuah kamar tidur. Karena itulah, tempat tidur akan segera "mencuri perhatian" sesaat setelah seseorang masuk ke dalam kamar.

Carilah tempat tidur yang sesuai dengan kamar Anda. Cobalah meminta saran dari penjual tempat tidur Anda, atau mencari referensi mengenai desain tempat tidur yang sesuai dengan gaya kamar tidur Anda.

4. Pengguna kamar

Pertimbangkan juga, siapa yang akan menggunakan tempat tidur tersebut. Jika anak Anda yang akan menggunakannya, maka Anda perlu menyesuaikan ukuran, desain, dan material untuk mereka. Saat ini, sudah terdapat banyak pilihan furnitur khusus untuk anak.

Khusus untuk Anda sendiri, sebuah tempat tidur berukuran twin-size sudah cukup untuk Anda. Namun, jika mencari tempat tidur untuk kamar utama yang berisi dua orang, tempat tidur berukuran queen atau king size bisa menjadi pilihan.

5. Fungsi lain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com