Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hebat Bikin Apartemen Mungil Punya 8 Ruangan!

Kompas.com - 21/01/2013, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, tinggal di kota sebesar New York berarti harus siap dengan gaya hidup "seadanya" dan tinggal di ruang-ruang apartemen berukuran kecil. Tinggi harga rumah dan mahalnya gaya hidup memaksa penduduk New York untuk mulai tinggal di apartemen berjenis studio. Namun, benarkah tinggal di apartemen studio sama artinya dengan mengurangi kualitas hidup?

Menurut Graham Hill, seorang pengusaha pendiri situs Treehugger.com, tidak demikian. Hill memiliki ide yang mampu membuat ruang seluas 39 meter persegi "memiliki" delapan ruangan dengan delapan kegunaan berbeda. Dengan ide ini, Anda dapat memiliki kamar tidur, kamar mandi, kamar tidur tamu, dapur, ruang makan, ruang keluarga, ruang televisi, dan ruang kerja di dalam apartemen studio.

Hill mencari cara agar orang-orang dapat memiliki apartemen dengan tidak mengorbankan kualitas hidup orang yang tinggal di dalamnya. Ia menggunakan teknik "lipat dan sembunyikan" untuk solusi yang ia tawarkan.

Untuk mewujudkannya, Hill menggunakan sebuah apartemen studio SoHo dan merancang furnitur-furnitur tersembunyi. Furnitur ini dapat dibuka ketika diperlukan dan dapat dipindah-pindah di dalam ruangan tersebut sesuai kebutuhan.

Inovasi Hill tersebut ternyata mampu menciptakan ruang yang sempurna untuk segala kebutuhan Anda. Anda hanya perlu menarik salah satu bagian dinding di atas sofa, mengeluarkan tempat tidur, dan mengubah ruang keluarga menjadi kamar tidur.

Selain itu, jika ingin menjamu tamu, Anda dapat menarik meja yang telah disembunyikan dan mengeluarkan sepuluh kursi-kursi di lemari. Untuk tamu yang ingin menginap di rumah, Anda hanya perlu mengeluarkan tempat tidur tambahan dari dinding ruangan. "Kamar tamu" ini Anda bahkan bisa dilengkapi lemari dan tempat tidur tambahan.

Seperti dilansir di www.dailymail.co.uk, beberapa orang sudah memberikan komentarnya mengenai proyek ini. Bagi mereka, proyek ini sangat baik untuk ruang-ruang kecil seperti apartemen.

Ya, desain Hill dianggap sangat cocok untuk ruang-ruang atau apartemen studio yang kini sedang menjadi tren. Sayangnya, biaya renovasi untuk membangun lemari-lemari tersembunyi ini masih cukup mahal.

Anda tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com