Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Rumit Merancang Dekorasi Kamar Anak!

Kompas.com - 15/01/2013, 12:26 WIB

KOMPAS.com - Tiap kali mengunjungi taman bermain, Anda pasti menyadari, bahwa berbagai wahana permainan dan dekorasi taman tersebut penuh dengan warna. Tidak dapat dipungkiri, warna memang salah satu faktor yang membuat kehidupan anak-anak kecil begitu menyenangkan dan kreatif. Jadi, mengapa tidak membawa warna-warni ini ke dalam kamar anak Anda?

Sayangnya, tidak semua orang dapat membawa nuansa warna-warni ke dalam kamar anak-anaknya lewat barang-barang dekoratif. Membawa terlalu banyak barang dekoratif ke dalam kamar anak akan membuat kamar anak terasa penuh, mudah berantakan, bahkan berpotensi mengundang debu.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya mulai sekarang Anda memanfaatkan barang-barang "biasa" namun dibutuhkan sebagai keperluan standar yang "wajib" ada di kamar tidur. Dengan cara ini, Anda bisa memberikan warna-warni pada kamar anak Anda.

Mendekorasi kamar anak, tentu Anda membutuhkan tempat tidur, nightstand, meja belajar, serta lemari. Sebagai saran, untuk memilih barang-barang tersebut sebaiknya Anda fokuskan pada hal-hal yang disukai anak-anak Anda. Tanyakan pada mereka, tampilan seperti apa yang mereka inginkan di kamarnya, Siapa tokoh atau karakter favorit, serta warna kesukaan mereka.

Dengan begitu, ketika mereka sudah menentukan karakter dan dekorasi sesuai keinginan mereka, Anda mulai dapat mendekor kamar anak Anda. Anda bisa menggunakan seprai, gorden, dan memberikan bantal-bantal dengan gambar kesukaan anak-anak Anda.

Anda tidak perlu menambah dekor lain. Tempat tidur yang terisi penuh sudah mampu "mencuri" perhatian anak-anak Anda.

Namun, jika anak Anda masih terlalu kecil untuk memberikan pendapatnya, maka Anda sendiri yang harus menentukan pilihan. Ambil ide-ide dari karakter televisi, atlet, aktivitas tertentu, dan buku cerita yang kerap mencuri perhatiannya. Bawa bentuk-bentuk dan warna yang ada di sana ke dalam kamar anak Anda.

Selanjutnya, jika masih merasa kamar anak Anda perlu dekorasi, ada baiknya Anda memilih dekorasi penuh warna dalam jumlah terbatas. Anda bisa memulainya dengan meja atau lampu gantung beraneka warna. Dari sana, cobalah mencocokkannya dengan perabot atau interior di sekelilingnya.

Selain kedua benda tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan area rug atau karpet besar. Pilihlah karpet dengan warna mencolok. Jangan lupa, Anda juga bisa memanfaarkan tempat penyimpanan mainan anak sebagai "alternatif" dekorasi penuh warna.

Bagaimana menurut Anda? Barang-barang fungsional bisa juga membuat kamar anak Anda lebih menarik, bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com