Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual, Pondok Anti-Bom Peninggalan Perang Dunia II!

Kompas.com - 05/01/2013, 13:32 WIB

KOMPAS.com - Salah satu pondok peninggalan Perang Dunia II kini tengah dijual. Pondok yang selama 56 tahun belakangan ini menjadi rumah bagi dua orang perempuan itu berdiri di atas tanah seluas 4000 meter persegi. Rumah tersebut sebelumnya merupakan milik Vera Barlow dan Edith Hooper. Keduanya kini telah meninggal di usia 87 dan 92 tahun.

Bangunan yang tampak minim perawatan tersebut berada di Chidham, dekat Chichester, West Sussex. Pada zamannya, ia digunakan oleh prajurit Kanada sebagai tempat tinggal ketika menjaga area pelabuhan setempat.

Bentuk bangunan semi-melingkar, serta penggunaan besi lembaran bergelombang yang mampu menahan pecahan bom membuatnya menjadi sempurna sebagai tempat perlindungan. Sayangnya, selain mampu melindungi penghuninya dari bom, rumah dengan tiga kamar ini, tidak banyak memiliki kelebihan lain.

Saat ini pondok tersebut berada dalam kondisi buruk. Pihak agen realestat yang menjualnya, Stride & Son, mengkategorikan pondok ini "siap dikembangkan kembali". Pihak realestat menggarisbawahi, bahwa hanya sedikit material diperlukan untuk membangun pondok ini. Selain itu, pondok tersebut juga mudah dipindahkan.

Pembangunan pondok semacam ini hanya membutuhkan enam pria selama empat jam. Bahkan, rekor pembangunan pondok semacam ini dipecahkan dalam 1 jam 27 detik.

Nick Stride, agen realestat yang menangani properti tersebut mengatakan, bahwa tidak ada patokan harga. Pasalnya, rumah pondok tersebut begitu unik.

"Kami pikir sebenarnya pondok tersebut dibangun untuk Perang Dunia I sebelum kemudian digunakan kembali pada Perang Dunia II," ujar Stride.

"Sangat tidak umum mendapatkan tanah sebesar satu acre seperti ini, apalagi berada di dekat pelabukan," lanjutnya.

Pondok yang disebut "The Nissen" ini memiliki desain asli yang dibuat oleh Major Peter Norman Nissen dari 29th COmpany Royal Engineers of the British Army. Desain tersebut berasal dari era Perang Dunia I.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com