Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Positif Pertumbuhan Perkantoran di Jakarta

Kompas.com - 27/12/2012, 13:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsultan properti Colliers International, menyatakan pertumbuhan properti perkantoran di Jakarta pada tahun 2013 menunjukkan pertumbuhan positif. Tren pertumbuhan positif tahun ini didorong permintaan dari perusahaan luar negeri yang bergabung di industri perbankan dan keuangan, perminyakan dan pertambangan, serta telekomunikasi.

"Terutama di sektor perkantoran yang mencuri pusat perhatian dengan kenaikan 35 persen sewa dan 32 persen pertumbuhan modal," Ferry Salanto, Direktur Riset Colliers Internasional di Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Namun, Ferry mengingatkan, bahwa kondisi ekonomi global saat ini mengalami beberapa hambatan akibat krisis di zona Eropa dan perlambatan pertumbuhan ekonomi di China serta perkiraan fiscal cliff (jurang fiskal) yang akan dihadapi oleh Amerika Serikat.

"Di saat banyaknya kantor besar menunda pengambilan sikap terhadap ekonomi global, kantor lain menyewa ruang kantor sesuai kebutuhan untuk mengakomodasi perkembangan operasi. Permintaan gedung kantor berkualitas di kebanyakan kota di dunia terlihat konsisten baik dari pengguna maupun investor," katanya.

Berdasarkan data tersebut, dalam hal biaya ruang kantor, dua pasar di Asia tercatat berada di posisi kedua dalam lima besar termahal di dunia. Hongkong tetap berada di peringkat tertinggi di dunia, diikuti Tokyo (Jepang) di posisi ketiga. Sedangkan tiga kota lainnya yang berada dalam posisi lima besar biaya ruang kantor termahal di dunia adalah London (Inggris Raya), Rio de Janeiro (Brazil), dan Paris (Prancis). Sementara di Beijing (China), perusahaan luar negeri dan domestik terus menunjukkan ketertarikan untuk membangun atau memperluas ruang kantor mereka, meski pasar penyewaan tampak akan kurang bersemangat dibandingkan tahun 2012 yang sangat aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com