Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Harus Jujur Soal Fungsi Ruangan

Kompas.com - 27/12/2012, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Menghadapi tahun baru, tak sedikit orang menginginkan nuansa baru yang menyenangkan di rumah. Nuansa baru mampu memberikan semangat baru beraktivitas di tahun yang akan datang.

Nuansa baru di rumah dapat Anda hadirkan dengan mendekorasi ulang rumah Anda. Mungkin, mendekorasi ulang rumah terdengar sederhana dengan beranggapan Anda hanya perlu menggeser sofa, membuat lemari, dan memastikan ada ruang cukup untuk berjalan. Padahal, ada lebih banyak hal seharusnya Anda pertimbangkan seperti fungsi ruang, keterbatasan, perabotan, dan "mengalir" dalam ruangan. Untuk itu, sebelum mulai mendekor ulang rumah Anda, cobalah melakukan beberapa hal ini:

1. Menentukan fungsi

Pikirlah baik-baik mengenai kegunaan ruangan yang tengah Anda dekorasi ulang. Pastikan juga siapa yang akan menggunakan ruangan tersebut.

Namun, tanyakan pada diri Anda sendiri hal-hal yang sebenarnya dibutuhkan untuk ruangan tersebut. Jika berpikir untuk menggunakan ruang tersebut sebagai lokasi pesta, pastikan ruangan tersebut dapat menampung banyak orang. Selain itu, pastikan juga orang-orang yang beraktivitas di dalamnya dalam menghabiskan waktu dengan nyaman.

Semakin banyak Anda bertanya kepada diri Anda sendiri mengenai fungsi ruangan, Anda akan semakin mudah melewati proses ini. Marie Hebson, salah seorang desainer yang aktif di www.houzz.com mengatakan, semakin banyak Anda bertanya dan menjawab dengan jujur, pertanyaan tersebut dapat membantu Anda memastikan ruang tersebut direncanakan dengan baik dan akan berfungsi sesuai keinginan Anda.

"Juga dapat tampak menyenangkan. Setiap orang memiliki prioritas berbeda. Maka, jujurlah kepada diri Anda sendiri. Jadilah fleksibel jika diperlukan, sehingga ruangan tersebut dapat bertumbuh bersama keluarga Anda," ujarnya.

2. Ukurlah dengan detil

Beberapa orang merasa, pengukuran yang mendetil hanya buang-buang waktu. Sebenarnya, ketika Anda merencanakan sebuah ruang, akurasi adalah hal penting.

Buatlah floor plan atau rencana kerja atas ruangan yang akan Anda dekorasi ulang. Jangan lupa untuk mengukur dengan rinci setiap detilnya.

Menurut Hebson, dengan memiliki ukuran, Anda dapat memperluas pencarian Anda untuk mencari benda-benda dan perlengkapan yang pas secara proporsi dan estetika. Sementara menurut desainer Susan Lund, pengukuran sangat penting untuk memastikan ruang fungsional dan efisien.

"Seperti untuk merencanakan dapur, kamar mandi, dan ruang makan, semuanya harus benar-benar tepat. Jeda yang membuat Anda dapat berlalu-lalang di dalam rumah Anda juga penting," kata Lund.

3. Pertimbangkan ergonomis

Menurut desainer Robin Rigby Fisher, gaya perabotan akan mengikuti fungsinya. Ketika Anda sudah menentukan fungsi dan besar ruang yang tersedia, Anda dapat mulai mencari perabotan yang akan tepat di lokasi tersebut.

Namun, lanjut Fisher, meskipun fungsi dan ruang sangat penting, sebaiknya Anda tidak melupakan kenyamanan Anda. Untuk itu, ada baiknya Anda melontarkan pertanyaan sama mengenai perabotan dan furnitur yang telah Anda miliki, serta apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kegunaan furnitur atau meningkatkan kenyamanan furnitur Anda. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com