Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sea Sentosa Jadi "Apartemen Terbaik di Dunia 2012"

Kompas.com - 19/12/2012, 20:16 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com -- Sebuah proyek pembangunan apartemen milik perusahaan Australia di Bali meraih gelar "Apartemen Terbaik Dunia" dalam kontes International Property Awards di London, Rabu (19/12/2012). Sea Sentosa di Echo Beach, tidak jauh dari Seminyak, ini sebenarnya belum jadi, namun dari konsep, apartemen display, desain dan lokasinya di tepi pantai, di depan kolam renang yang menghadap ke Lautan India sudah mampu menyakinkan para juri.

Apartemen ini juga akan memiliki taman gantung yang dibuat oleh ahli tanaman terkenal Perancis, Patrick Blank, yang juga akan mendesain hal serupa di proyek Central Park di Sydney.

Dalam ajang tingkat Asia Pasifik di Kuala Lumpur, Malaysia, November 2012, Sea Sentosa sudah dinyatakan sebagai apartemen terbaik Indonesia dan apartemen terbaik Asia Pasifik.

International Property Awards merupakan penghargaan paling besar dan paling prestisius untuk dunia properti yang dimulai sejak tahun 1995.

Menurut laporan situs The Sydney Morning Herald, panitia menerima contoh properti dari 88 negara. Menurut Presiden International Property Awards Stuart Shield, Sea Sentosa mengalahkan finalis lain dari Asia, Arabia, Afrika, Eropa dan Amerika.

"Pembangunan masih memerlukan waktu beberapa tahun untuk merampungkannya, namun sepanjang sudah ada izin pembangunan dan pembangunan proyeknya sudah dimulai, kami menerimanya," kata Shield.

Pembangunan Sea Sentosa sudah mencapai 65 persen dan akan dibuka bulan Juli tahun depan. Pengembang Sea Santosa, Saxon Looker tidak menyangka mereka menjadi pemenang.

Untuk kategori apartemen, terdapat 104 apartemen yang mengajukan diri dari seluruh dunia, 57 di antaranya dari kawasan Asia Pasifik.

Penghargaan internasional tentu saja akan membantu usaha pemasaran Sea Santosa. Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, sejauh ini sudah 42 dari 68 apartemen yang terjual. Dipasarkan lewat perusahaan Ray White, harga awal satu apartemen adalah 470 ribu dollar Australia (sekitar Rp 4,7 miliar).

Masih ada dua apartemen enam kamar yang belum terjual dengan harga antara 1,1 juta dollar sampai 1,7 juta dollar, dengan penthouse berharga 2,6 juta dollar (Rp 26 miliar).

Menurut Looker, sewa per malam adalah 332 dollar (sekitar Rp 3 juta), dengan penthouse 4.743 dollar (hampir Rp 50 juta) per malam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com