Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Karya Garap Tol di Bali Senilai Rp 773 Miliar

Kompas.com - 20/11/2012, 13:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya tengah mengerjakan proyek pembangunan jalan tol pertama di Bali, yakni jalan tol Nusa Dua–Ngurah Rai–Benoa senilai Rp 773 miliar. Dalam pengerjaan proyek ini, perusahaan konstruksi pelat merah itu dipercaya oleh PT Jasamarga Bali Tol sebagai pihak pengadaan proyek untuk mengerjakan paket 2 (dua) dan 4 (empat).

"Proses pembangunan untuk paket dua telah mencapai 50 persen, sedangkan paket empat sudah mencapai 78 persen," ujar M Choliq, Direktur Utama Waskita Karya, kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (30/11/2012).

Choliq mengatakan, hal tersebut menunjukkan perkembangan pesat pengerjaan, karena pihaknya memprediksi penyelesaian proyek jalan tol ini pada April 2013.

"Kami senang progres pembangunan jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini berjalan baik, bahkan melebihi target yang kami tetapkan. Dengan begini, kami berharap pengerjaan proyek ini dapat diselesaikan tepat waktu atau bahkan lebih cepat agar dapat segera dimanfaatkan," ujar Choliq.

Dia menuturkan, kedua paket yang dikerjakan oleh Waskita Karya adalah paket dua di area Benoa. Paket jalan tol ini berada di atas laut dangkal dengan jumlah titik pemancangan sebanyak 3,048 titik sepanjang 2,4 kilometer. Sementara itu, paket empat dengan jumlah titik pemancangan sebanyak 3,641 titik, mencakup Simpang Susun Benoa sepanjang 2,2 kilometer.

Menanggapi pembangunan jalan tol ini, Menteri BUMN Dahlan Iskan juga menyatakan kepuasaannya terhadap hasil yang dicapai. Ia mengaku puas dengan kinerja optimal yang telah diberikan semua pihak yang terlibat.

"Semoga ke depannya, jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini dapat mengatasi kemacetan di Bali," kata Dahlan.

Lebih lanjut, pembangunan jalan tol ini juga diharapkan dapat menunjang pelaksanaan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 di Bali. Hal ini mengingat Bali sebagai tuan rumah perhelatan besar tersebut.

Adapun Waskita Karya sejauh ini masih memegang peranan penting dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Beberapa proyek yang sedang ditangani perusahaan konstruksi milik negara ini meliputi pembangunan jalan tol Nusa Dua Bali, Bandara Kualanamu di Medan, Hotel Sahid Kuta di Bali, proyek terminal selatan Bandara Juanda, Surabaya, dan beberapa lagi yang lainnya. Selain di dalam negeri, Waskita Karya juga telah mengerjakan pembangunan di luar negeri seperti di Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com