Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metland Bangun Hotel Bujet di Cirebon

Kompas.com - 18/11/2012, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Metropolitan Land Tbk (Metland), PT Metropolitan Deta Graha, menggarap bisnis hotel bujet di Cirebon. Hotel bernama @HOM Hotel Cirebon ini menelan investasi berkisar Rp 45 miliar.

Presiden Direktur Metland, Nanda Widya, mengungkapkan, @HOM Hotel Cirebon adalah proyek hotel bujet Metropolitan yang kedua. Sebelumnya, perusahaan ini telah membangun @HOM Hotel Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

@HOM Hotel Cirebon menyasar konsumen kelas menengah. Cirebon yang dikenal sebagai kota udang merupakan salah satu destinasi yang digandrungi wisatawan asing dan domestik. Berbagai situs budaya dan kuliner yang khas membuat Cirebon memiliki daya tarik tersendiri. Kota ini juga punya kerajinan Batik Trusmi dan industri furnitur rotan. Apalagi, ekonomi Cirebon dalam dua tahun terakhir cukup menggeliat.

"Dua tahun terakhir Cirebon menjadi kota yang terus tumbuh, sehingga kami berani berinvestasi," ungkap Nanda, Jumat (16/11/2012) lalu.

@HOM Hotel Cirebon dibangun di atas tanah seluas 1.148 meter persegi (m2), dengan luas total lantai dasar hotel mencapai 660 m2. Hotel ini terdiri dari delapan lantai dan satu lantai basement. Totalnya tersedia 97 kamar dengan 103 room bay. Lokasi @HOM Hotel Cirebon terbilang strategis.

Hotel ini berjarak 100 meter dari stasiun kereta api Cirebon dan sekitar 500 meter dari pusat perdagangan. Hotel budget ini menawarkan dua meeting room, satu ruang yang bisa dimanfaatkan menjadi coffee shop, serta business center.

"Semoga keberadaan @HOM Hotel Cirebon turut membantu laju ekonomi Cirebon ini," ujar Nanda.

Manajemen Metland memproyeksikan proses pembangunan @HOM Hotel Cirebon bisa tuntas satu tahun. Emiten saham ini berharap bisa mengoperasikan hotel bujet yang kedua ini (soft opening) pada Oktober 2013.

Tahun depan, Metland bersiap membangun tiga sampai empat hotel baru di Lampung, Surabaya, Palangkaraya, dan Medan. Bahkan, Metland berharap bisa mulai membangun hotel bujet di Lampung pada semester I-2013. Per akhir September 2012, Metland mencatatkan laba bersih Rp 131,16 miliar. Jumlah ini meningkat 24,18% dari laba bersih di periode sama tahun lalu senilai Rp 105,62 miliar. Sedangkan pendapatan usaha Metland juga tumbuh 25,54% year-on-year menjadi Rp 482,67 miliar per akhir September 2012. (Ragil Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com