Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakis Tanduk Rusa, "Raksasa" Unik Penghias Taman

Kompas.com - 02/10/2012, 12:06 WIB

KOMPAS.com - Tanaman pakis Tanduk Rusa atau platycerium adalah tanaman yang berasal dari beberapa bagian di Amerika Utara dan Selatan, serta Asia Tenggara, tepatnya di Filipina, Indonesia, dan Australia. Karena termasuk lokasi asalnya, tentunya tanaman ini dapat tumbuh subur di pekarangan rumah Anda.

Pakis Tanduk Rusa memiliki bentuk dan karakteristik unik. Kehadirannya di taman rumah Anda akan memberikan dimensi dan bentuk unik.

Pakis ini akan mendapatkan nutrisi dari udara dan butuh menempel di tanaman lain. Namun, menempel bukan berarti benalu. Anda dapat menanam tanaman ini di dalam ruangan, "ditempelkan" di papan atau "ditempelkan" langsung pada batang pohon.

Platycerium terdiri dari tiga bagian, yaitu akar yang sangat kecil dan terkadang sulit dilihat, sterile atau daun basal sebagai bagian yang nantinya mengering dan membentuk "tameng" atau dasar melingkar dari tanaman Paku Tanduk Rusa, dan terakhir daun berbentuk seperti tanduk rusa. Berikut beberapa kiat bagi Anda yang ingin mengikutsertakan Pakis Tanduk Rusa ke dalam pekarangan Anda:

Tempelkan

Sebagai langkah awal, tempelkan tanaman Pakis Tanduk Rusa dengan menempatkan daun tumpukan lumut sphagnum di atas papan kayu yang lebih lebar dari daun basal. Ikat tanaman ini ke papan menggunakan tali pancing, dan pastikan kuncupnya berada tepat di atas lumut.

Sinar matahari

Langkah kedua, biarkan Pakis Tanduk Rusa menerima sinar matahari yang tidak langsung. Caranya, gantungkan pakis pada papan di lokasi teduh. Jika ingin menaruh tanaman ini di bawah cahaya matahari langsung, pastikan hanya sinar matahari pagi.

Menyiram

Langkah berikutnya, sirami Pakis Tanduk Rusa sekali setiap minggu. Pastikan lumut dibasahi oleh air keran atau air hujan. Tuangkan air di atas lumut sampai benar-benar basah.

Nutrisi

Setelah itu, langkah keempat adalah memberikan nutrisi pada Pakis Tanduk Rusa dengan pupuk organik. Salah satu pupuk organik yang dapat Anda gunakan adalah emulsi ikan. Pastikan Anda memberi dosis yang tepat. Sediakan pupuk ini sekali setiap bulan.

Pindahkan

Setelah itu, pindahkan Pakis Tanduk Rusa ke papan berukuran lebih besar, terutama ketika pakis telah tumbuh lebih besar dari papan sebelumnya. Nah, mudah bukan?

(Sumber: http://davesgarden.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com