Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Siap Mencaplok Beberapa Perusahaan Singapura

Kompas.com - 08/08/2012, 14:23 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Lippo Group akan melebarkan usahaya di Singapura. Lewat anak usahanya, Overseas Union Enterprises (OUE) Ltd., Lippo akan giat melakukan akuisisi untuk menggenjot asetnya menjadi US$ 8,1 miliar dalam tiga hingga lima tahun mendatang.

Chairman OUE Stephen Riady mengaku pihaknya sudah siap mencaplok beberapa perusahaan.

"Ada banyak dan lebih kesempatan. Tahun depan adalah waktu yang sangat menarik," katanya.

Stephen mengaku akan mengakuisisi perusahaan properti ketika harga mulai turun. Menurutnya, langkah akuisisi untuk mengurangi ketergantungan OUE terhadap bisnis perhotelan. Catatan saja, OUE adalah perusahaan properti dimana sekitar 65% pendapatannya berasal dari hotel. Sedangkan sisanya berasal dari bisnis sewa perkantoran, ritel dan penjualan properti.

Saat ini, OUE mempunyai lahan perkantoran seluar 3 juta kaki persegi yang setara dengan S$ 6 miliar. Perusahaan ini berencana menaikkan harga sewa perkantoran.

"Perlambatan sudah dimulai akhir tahun lalu tapi kami pikir akan menurun," katanya.

Pada 2011 lalu, perusahaan ini telah membeli Crowne Plaza Singapura yang terkoneksi dengan Bandara Changi, Singapura. Perusahaan ini juga telah membangun kembali kantor OUE Bayfront yang berhadapan dengan Marina Bay. OUE juga telah mencaplok gedung DBS Tower satu dan dua.

Ke depannya, OUE berencana membangun perumahan premium kendati permintaannya mulai melamban. Asal tahu saja, penjualan rumah mewah di Negeri Merlion turun sejak Pemerintah Singapura mencoba mengendalikan harga properti. Pemerintah Singapura mengenakan pajak sebesar 10% bagi pembelian rumah bagi warga dan perusahaan asing.

Hingga 2011 lalu, nilai aset OUE telah mencapai S$ 5,5 miliar. Nilai aset perusahaan ini melesat sejak diakuisi Lippo pada 2006 lalu. Nilai aset OUE pada 2005 lalu hanya sebesar S$ 1,8 miliar. Laba bersihnya pada 2011 lalu naik 13% menjadi S$ 22,8 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini membuat harga saham OUE telah naik 21% di bursa Singapura.

Sebagai catatan, Lippo Group membeli OUE dari tangan United Overseas Bankt Ltd. pada Mei 2006 lalu. Pada 2010 lalu, Lippo meningkatkan kepemilikan sahamnya di OUE. (Edy Can)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com