Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Jangka Panjang dengan Lampu LED

Kompas.com - 26/06/2012, 13:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi jangka panjang, tak cuma berkisar pada pembelian rumah atau properti. Investasi jangka panjang bisa dilakukan dengan cermat memiliih produk perlengkapan rumah tangga, salah satunya memilih lampu dengan teknologi Light Emitting Diode (LED).

Product Manager Consumer Luminaries dari Philips Lighting Indonesia, Kurniawati Rainier, dalam acara talkshow "Fantastic Lighting" yang diselenggarakan Majalah Idea dan Philips Indonesia di Jakarta, Senin (25/6/2012), mengakui produk lampu LED relatif lebih mahal ketimbang lampu non LED. Namun, harga mahal ini setimpal dengan aneka manfaat yang bisa dirasakan konsumen dengan mengaplikasikan lampu LED pada hunian.

"Pembelian di awal relatif lebih mahal. Namun, kami tetap mengedukasi kepada masyarakat untuk beralih pada lampu LED karena LED merupakan investasi jangka panjang, konsumsi energinya rendah, lebih hemat, ramah lingkungan, tidak mengandung merkuri, tidak panas serta cahaya yang diihasilkan lebih nyaman terutama bagi mata," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Lighting Specialist dari Graha Cipta Hadiprana, Arwin Amir mengatakan harga yang mahal dari lampu LED ini bisa disiasati lewat penerapan desain interior. Menurutnya, tidak semua lampu dalam ruangan menggunakan jenis LED, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan ruangnya.

"Karakter LED itu konsumsinya rendah, tahan lama, memiliki dimensi berbeda-beda. Maka lampu ini cocok untuk ruangan yang butuh pencahayaan dengan intensitas waktu sangat sering," katanya.

Misalnya, lanjut Arwin, di sebuah ruang tamu membutuhkan lampu yang menerangi secara menyeluruh dan lampu-lampu dekoratif untuk memberi penonjolan pada lukisan. Untuk itu, lampu LED bisa dipasang untuk lampu dengan fungsi menyinari ruangan sedangkan lampu semacam indirect light dari jenis lampu biasa untuk dekoratif.

Sebagai produsen lampu, Kurniawati mengatakan Philips menyediakan beragam pilihan sesuai kebutuhan konsumen. Dalam setiap produknya, Philips memegang komitmen terhadap keselamatan, inovasi, desain dan efisiensi. Produk-produknya mencakup kebutuhan fungsional maupun dekoratif, seperti produk ledino, ecomoods, my living roomstylers, my bathroom aquafit, my kidsroom kidsplace, my garden outdoor, my living ambiance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com