Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Lagi...Tiga Syarat Mendeteksi Air Bersih!

Kompas.com - 06/06/2012, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Persoalan suplai air bersih menjadi syarat utama dalam sebuah hunian sehat. Ketiadaan air bersih bisa menjadi pangkal masalah Anda dan keluarga saat harus menempati sebuah hunian.

Menurut filosofi Timur Tengah, air adalah sumber kehidupan. Air yang jernih dan bersih menyehatkan manusia. Salah satu kegunaan air bersih adalah untuk digunakan sebagai air minum. Berikut beberapa syaratnya yang harus dipenuhi:

Syarat fisik

Yang dimaksud dengan syarat fisik air minum adalah persyaratan yang dapat dipenuhi oleh indera kita, baik penglihatan, penciuman maupun perasa. Syarat-syarat tersebut adalah:

- Air tidak boleh berbau dan tidak boleh berasa apapun.

- Air harus jernih, bersih, dan tidak berwarna.

- Suhu air yang baik adalah sama dengan suhu ruang, sehingga saat kita meminumnya tidak terlalu dingin maupun terlalu panas, tapi memberi kesegaran.

Syarat kimia

Syarat kimia air minum adalah persyaratan yang menyangkut kadar atau kandungan zat kimia dalam air. Terutama untuk air minum, air tidak boleh mengandung zat-zat yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Misalnya, air tidak boleh mengandung zat timah (Pb), karena timah sangat beracun. Karena itu, Anda tidak dianjurkan menggunakan pipa dari bahan timah.

Syarat Bakteriotogis

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com