Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjual Rumah dengan Harga Tinggi

Kompas.com - 12/03/2012, 11:25 WIB

KOMPAS.com - Agar rumah Anda memiliki harga jual tinggi, ada beberapa persiapan yang mesti dilakukan. Seperti perencanaan pemasarannya, atau menggunakan jasa broker, sampai membuat acara open house di rumah Anda. Mana yang kira-kira menarik untuk Anda?

Hermawan Wijaya dalam bukunya "77 Rahasia Cepat Untung Bisnis Properti" menyebutkan, ada lima langkah saat menjual tinggi suatu properti dengan harga tinggi. Simak ulasannya berikut ini:

Perencanaan pemasaran

Rencana pemasaran yang baik mencantumkan target waktu pencapaian penjualan, atau transaksi bagi masing-masing prospek, serta teknik pelaksanaannya yang realistis. Lewat cara teratur, klien dengan aman bisa mengetahui perkembangannya. Selain itu, masalah akan mudah terdeteksi, begitu juga penyelesaiannya.

Rencana pemasaran bisa dilakukan dengan pasang iklan, pasang papan pengumuman di depan rumah, promosi melalui situs internet, dan menyebarkan berita penjualan ke listing jaringan.

Mencari agen properti

Untuk pengusaha pemula, tak ada salahnya meminta bantuan agen properti. Tapi, pastikanlah perusahaan tersebut terpercaya dan profesional. Mereka akan menjelaskan detail mengenai program promosi, berkas, dokumen perjanjian, biaya administrasi, komisi agen, pajak penjualan, dan pendekatan kepada penjual dan pembeli.

Pastikan juga, bahwa agen tersebut memberi akomodasi optimal, serta penentuan harga jual rumah tidak terlalu tinggi dari harga di kawasan.

Survei harga jual

Untuk menentukan harga jual rumah, Anda perlu melakukan survei. Analisisnya dapat diperoleh misalnya dengan pertanyaan, apakah kawasan tersebut direncanakan akan menjadi pengembangan wilayah atau tidak, bagaimana perbandingan harga rumah yang baru saja terjual di daerah tersebut, kecenderungan tren rumah yang diinginkan pembeli saat ini, serta perbandingan harga dengan properti lainnya di kawasan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com