Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eklektik...Inilah Pengganti Tren Minimalis!

Kompas.com - 23/12/2011, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Konsep gaya interior minimalis akan segera tergeser oleh eklektik, sebagai tren desain interior pada 2012 nanti. Eklektik digemari karena tak hanya memasukkan barang-barang produk modern saja, melainkan juga barang-barang bergaya vintage, termasuk barang bekas untuk dipadupadan.

"Sekarang ini banyak orang memakai minimalis, meski di luar Indonesia itu sudah lewat sejak lima tahun lalu. Minimalis di sini juga rancu, karena tadinya konsep ini cocok di ruangan sempit. Sekarang, ruangan besar juga dibuat minimalis," kata desainer interior Lea Aviliani Aziz kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (21/12/2011).

Tren ke depan, lanjut Lea, konsep eklektik. akan menggantikan minimalis. Konsep ini akan membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan dinamis.

"Mau pakai rotan di satu sudut, lalu di sebelahnya memakai material metal, tidak masalah. Semuanya bisa masuk," jelasnya.

Eklektik bahkan dapat memadukan bermacam konsep, seperti etnik, modern, art deco, dan lainnya.

"Dengan konsep ini ruangan menjadi lebih hidup. Beragam gaya dipadukan dalam satu ruang, dan tidak ada yang salah dari itu," ujarnya.

Namun, lanjut Lea, meskipun memadukan beragam bahan material dan konsep gaya interior, penerapan eklektik harus memperhatikan peletakkan.

"Luas ruangan, seberapa besarnya, itu penting untuk besar kecilnya perabotan yang hendak diletakkan. Dimensi ruang itu penting di sini," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com