Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni Berinvestasi Properti

Kompas.com - 16/12/2011, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Berinvestasi properti hampir bisa dipastikan menghasilkan keuntungan, mengingat harga properti di Indonesia terus meningkat. Inilah salah satu instrumen investasi yang sangat diminati saat ini. 

Tak bisa dimungkiri, memang. Dalam kondisi terburuk pun, seperti saat krisis moneter tahun 1998 lalu, harga properti di Indonesia bergerak stagnan, tak mengalami penurunan. Tak heran, jika akhirnya banyak orang berlomba-lomba mengincar properti idaman, baik untuk berhuni ataupun investasi.

Jeli melihat pertumbuhan area sekitar menjadi salah satu acuan menilik tinggi-rendahnya nilai investasi dalam satu kawasan. Cibubur, misalnya, yang terus berkembang, baik dari sisi fasilitas maupun infrastruktur. Kini tengah dibangun beberapa akses jalan untuk mengurai kemacetan di ruas jalan Transyogi.

Kelengkapan fasilitas dan aksesibilitas tinggi akan meningkatkan nilai investasi sebuah kawasan. Demikian pula di Cibubur, yang rata-rata naik 12 persen per tahun, bahkan (di sejumlah lokasi tertentu) mencapai 30 persen per tahun, seperti dikatakan oleh Liana, Sales and Promotion Section Head Kota Wisata.

Kredibilitas pengembang juga berperan. Tak ada salahnya menilik proyek-proyek yang pernah ditangani pengembang sebelumnya dan meminta master plan untuk perumahan yang tengah Anda incar.

Patut disadari, semakin lengkap fasilitasnya, semakin tinggi kenyamanan yang dirasakan penghuni, semakin tinggi pula kenaikan nilai investasinya. Hal ini pula yang dilakukan Kota Wisata sejak pertama kali hadir di Cibubur dan menjadi salah satu pionir kawasan perumahan berkonsep tematik.

Tak hanya sebuah hunian yang memiliki fasilitas pendidikan berkualitas, olahraga, dan sektor komersial, Kota Wisata juga dikenal sebagai tempat rekreasi bagi warga Cibubur dan sekitarnya dengan Fantasy Island dan Kampung Wisata.

Pintu Kota Wisata juga masih terbuka lebar bagi yang ingin menikmati tinggal di sebuah tempat yang memadukan keharmonisan tempat tinggal, pendidikan, rekreasi, dan olahraga dengan meluncurkan West Covina tahap kedua, Coatesville Extention, dan Ruko Concordia. Proyek terbaru ini menampilkan gaya minimalis yang dikombinasikan dengan desain kolonial dan art deco sehingga terlihat unik dan apik.

Tahun 2012 sudah di depan mata, tak ada salahnya sedari sekarang menilik bentuk investasi yang tepat untuk masa depan Anda. Bagaimana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com