Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, Perumnas Siapkan 30 Persen Properti Komersial

Kompas.com - 16/12/2011, 12:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perumnas menyiapkan belanja modal (capex) sebesar Rp 1 triliun untuk membangun sekitar 15.000-20.000 unit properti terdiri dari perumahan, apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan pada 2012. Dari sekitar 20.000 unit properti itu sebesar 30 persen di antaranya untuk properti komersial seperti apartemen, mal, dan perkantoran.

"Ini bagian dari ekspansi perseroan pada 2012," kata Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (15/12/2012) kemarin.

Menurut Himawan, properti yang akan dibangun berlokasi antara lain di bagian Timur Jakarta, Parung Panjang, Cilegon, dan sejumlah lokasi di Surabaya, dan Gresik. Ia menjelaskan, untuk merealisasikan pembangunan tersebut dibutuhkan belanja modal berkisar Rp 500 miliar - Rp 600 miliar.

"Namun, anggaran bisa bertambah menjadi sekitar Rp 1 triliun, terutama jika Perumnas ditugasi pemerintah mengelola aset sejumlah BUMN. Investasi akan sangat tergantung pada situasinya," kata Himawan.

Menurutnya, sumber pendanaan belanja modal selain dari internal kas perusahaan juga diperoleh dari pasar modal dengan menerbitkan surat utang jangka pendek (medium terms note/MTN).

"Kita sudah mendapat MTN hingga sekitar Rp 500 miliar yang penggunaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan akan mendorong Perumnas menjadi BUMN Properti.

"Perumnas sesungguhnya sudah merupakan perusahaan properti, tapi nantinya selain menyediakan rumah untuk rakyat juga diarahkan untuk mengelola aset-aset non produktif sejumlah BUMN," ujar Dahlan.

Menanggapi hal itu, Himawan mengatakan pihaknya sangat siap juga ditugasi pemerintah untuk menangani aset dalam jumlah yang lebih besar. Meski begitu ia mengutarakan untuk menjadi BUMN Properti dalam skala besar, Perumnas harus terlebih dahulu mengubah badan hukum menjadi Perseroan Terbatas (PT).

"Badan hukum PT Perumnas diharapkan sudah terealisasi pada pertengahan Januari 2012," ujar Himawan.

Saat ini, Perumnas diketahui sedang mengembangkan Kota Mandiri Maja yang berlokasi di Lebak, Banten, yang ditargetkan akan dimulai 2012. Saat yang sama Perumnas juga dapat menuntaskan penyediaan proyek rumah susun hak milik (rusunami) 10.000 tower pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com