Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Prabayar Untungkan Pengembang Perumahan

Kompas.com - 09/12/2011, 15:20 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Listrik prabayar yang diterapkan PT PLN sekarang ini dinilai menguntungkan pengembang perumahan, karena tidak ada biaya beban. Hal itu terjadi karena bila perumahan tersebut belum diserahkan kepada pembeli, maka pengembang tidak diberatkan lagi.

Demikian diungkapkan Ketua DPD REI Sumatera Selatan, Oka Murod, di Palembang, Jumat (9/2/2012). Lebih lanjut dia mengatakan, selama ini bila perumahan sudah selesai dan telah dipasang listrik, pihak pengembang harus dibebani biaya beban listrik tersebut.

"Jadi, bila biaya beban itu tidak dibayar, pihak perusahaan listrik terpaksa mencabut meteran," katanya.

Namun, menurut dia, sistem prabayar ini sangat tergantung dengan pemakai, karena hanya membeli sesuai kebutuhan atau sama dengan pengisian pulsa telepon genggam. Oleh karena itu, progaram listrik prabayar sekarang ini menguntungkan bagi pengembang perumahan, karena beban listrik tidak perlu dipikirkan lagi.

Sehubungan itu, lanjut dia, pihaknya mendukung sepenuhnya program listrik prabayar yang mulai diterapkan, sehingga REI semakin lancar membangun rumah. Namun, dia pun berharap, PLN untuk terus mensosialisasikan pemasangan listrik prabayar, karena banyak masyarakat belum mengerti.

"Masyarakat masih bertanya tentang listrik prabayar, dan itu perlu diberikan pengertian lagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com