Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Menghijaukan Atap Rumah

Kompas.com - 03/12/2011, 11:36 WIB

KOMPAS.com - Dengan menghijaukan atap rumah atau akrab disebut taman atap, manfaatnya ialah penurunan suhu ruangan di dalam rumah. Panas matahari yang diterima atap, akan diserap oleh tanaman di atap, sehingga sengatan panas tidak akan memenuhi rumah Anda.

Memang, diperlukan usaha lebih untuk mewujudkan atap yang hijau. Berikut ini informasi yang bisa membantu Anda memahami pentingnya taman atap, serta langkah untuk persiapannya.

1. Tanaman yang ditanam di atas atap akan menyerap panas matahari yang diterima, tetapi tidak akan diteruskan ke dalam ruangan. panas ini justru akan digunakan oleh tanaman untuk berfotosintesis dan bertumbuh kembang. Dengan begitu, suhu di lingkungan sekitar akan menurun dengan adanya taman atap.

2. Akar tanaman akan menyerap sebagian air hujan yang jatuh ke atap. Jika tidak ada tanaman,air hujan dari atap akan langsung jatuh ke jalan. Jika drainase tidak baik, air hujan yang berlimpah akan membuat genangan yang mengganggu jalan.

3. Tanaman bahkan pepohonan yang ada di atap menyediakan hunian bagi serangga. Burung-burung akan berdatangan memangsa serangga, sehingga tercipta sebuah ekosistem kecil pada atap. Ini akan membantu kelangsungan ekosistem kecil pada atap. Ini juga akan membantu kelangsungan ekosistem lingkungan dalam skala lebih besar.

4. Bentuk taman atap sangat beragam, mulai dari hamparan rumput sampai pada tanaman sayuran. Apa pun bentuknya, atap hijau harus memiliki konstruksi kuat karena harus menampung media tanam yang cukup berat serta bobot tanamannya sendiri. Konsultasikan ini kepada kontraktor atau arsitek lanskap rumah Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com