Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasang "Step Nosing" pada Anak Tangga

Kompas.com - 30/11/2011, 12:54 WIB

KOMPAS.com - Material step nosing (hidung tangga) bermacam-macam, mulai yang terbuat dari material sama dengan material penutup pijakan tangga, misalnya keramik, granit atau marmer, kemudian permukaannya digerinda membentuk tekstur atau guratan kasar. Saat ini, pemain industri penutup lantai juga sudah menyediakan step nosing dalam berbagai warna dengan tekstur dan membentuk pola tertentu untuk menambah keindahan tangga.

Sementara itu, jika menggunakan parket, baik kayu maupun laminated, biasanya produsen parket telah menyediakan step nosing dengan warna yang sesuai. Hanya, bahan parket tidak dapat dibuat kasar, melainkan ujungnya dibuat tumpul.

Selain itu, saat ini juga tersedia step nosing dari bahan karet, alumunium, vinil, atau kertas. Beberapa toko juga menjual berbagai macam step nosing berbahan karet, alumunium atau kertas yang lebih mudah disesuaikan dengan jenis dan warna pijakan anak tangga, apapun jenisnya, termasuk granit, marmer, bahkan parket.

Untuk memasanganya, tentu butuh kehati-hatian karena fungsi step nosing sebagai pengaman anak-anak tangga. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Step nosing berbahan keramik dipasang terakhir pada ujung siku anak tangga setelah seluruh anak tangga tertutup keramik dengan menggunakan perekat keramik. Sementara itu, step nosing berbahan karet, vinil, atau alumunium ditempelkan setelah seluruh bahan penutup anak tangga terpasang.

Caranya sederhana, hanya disekrup atau ditempel lem khusus di atas permukaan penutup lantai dengan kuat. Sebab, apabila karetnya mengelupas atau sekrupnya keluar dari permukaan akan membahayakan pengguna tangga. (Puspita Dewi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com