Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dandani Ruang Kerja, Biar yang Dirumah Tidak "Ngomel"

Kompas.com - 07/11/2011, 16:25 WIB

KOMPAS.com - Meski sudah bekerja dari pagi hingga sore hari, ada kalanya pekerjaan terasa tak kunjung tuntas. Mata berkunang-kunang, lengan terasa ngilu, betis pun serasa membatu.

Apa boleh buat? Seorang profesional sering dituntut menyelesaikan pekerjaan setuntas mungkin. Itulah sebabnya, banyak profesional yang akhirnya memilih meneruskan pekerjaannya di rumah, sambil berharap agar istri dan anak tak ikut mengomel.

Tentu saja, bila hal itu terjadi, kita butuh ruang khusus kerja di rumah agar tak mengganggu aktivitas penghuni lainnya. Adanya ruang kerja di rumah juga membantu kita fokus bekerja sehingga dapat menghemat waktu.

Ukurannya tak perlu terlalu luas. Bahkan, salah satu sudut di ruangan bisa kita sulap menjadi ruang kerja. Namun, bagaimana cara agar ruang yang sempit itu bisa terasa longgar?

Menurut beberapa praktisi interior, salah satu langkah bisa dilakukan adalah dengan tidak menempatkan terlalu banyak furnitur dan aksesori. Kita mesti mengatur penggunaan furnitur.

Beruntungnya, banyak furnitur saat ini yang didesain ramping untuk kita pilih. Bisa juga, model furnitur yang transparan.

Di dalam ruang kerja di rumah, kita cukup meletakkan satu set meja dan kursi. Kita bisa menggunakan meja yang terbuat dari kaca. Untuk kursinya, bisa dipakai yang terbuat dari rangka besi dan bentuknya simpel atau ramping. Adapun untuk dudukan dan sandaran kursi, kita bisa pakai yang terbuat dari acrylic transparan.

Benda-benda penghias ruangan yang transparan menciptakan kesan lega pada suatu ruangan. Bila membutuhkan tempat untuk menyimpan peralatan kerja, kita bisa membuat sebuah rak berbentuk huruf "S".

Rak dapat dibuat dari pagan kayu finishing duko. Untuk memasangnya, Anda dapat menggunakan sistem kantilever yang disekrup pada dinding. Bila warna merah dipakai untuk memoles rak tersebut, itu akan menjadi aksen di dinding.

Kini, dengan perkakas yang ramping dan berfungsi sebagai aksen, ruang kerja pribadi kita di rumah bisa tampak apik dan manis. Apalagi, bila dinding-dinding di sekitarnya dibalut wallpaper bermotif lembut, tentu ruang kerja Anda saat ini lebih menyenangkan dan bikin betah meskipun tak luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com