Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Karpet dan Furnitur Tampil Serasi

Kompas.com - 07/11/2011, 15:52 WIB

KOMPAS.com - Memadupadankan karpet dengan benda-benda di dalam ruangan perlu panduan yang tepat. Hal itu berguna agar ruangan dengan beragam elemen interior dapat tampil serasi. Berikut lima langkah panduan padu padan karpet di rumah Anda:

Warna mencolok untuk aksen

Bangunan-bangunan rumah modern biasanya menggunakan warna-warna netral untuk dinding hingga aksesoris ruang. Untuk membuat ruangan terlihat lebih hidup, Anda dapat menggunakan karpet dengan pilihan warna mencolok atau warna-warni. Pilihan karpet seperti ini bisa langsung menarik perhatian orang.

Karpet bermotif

Untuk ruangan berfunitur polos, Anda dapat memadukannya dengan karpet yang memiliki motif klasik dan motif modern. Motif klasik atau biasa disebut dengan motif persia mengadopsi gaya Timur Tengah dengan ciri banyak ornamen dan lengkungan. Sementara motif modern memiliki ciri lebih sederhana berbentuk garis atau lingkaran.

Serasikan dengan furnitur

Jika Anda penyuka karpet warna cerah, Anda dapat menyesuaikannya dengan furnitur di dalam ruangan. Ruangan tentu akan terlihat indah dengan warna padu-padan yang serasi ini.

Sesuaikan ukuran

Masing-masing ukuran ruangan berbeda-beda, begitu juga dengan ukuran dan ketebalan karpet yang dibutuhkan. Untuk ruangan kecil, jangan gunakan karpet terlalu besar dan tebal. Pakailah bulu sedang atau tebal, tapi ukurannya kecil.

Ciptakan suasana sesuai keinginan

Karpet dapat memperkuat suasana di dalam ruangan. Sebutlah, misalnya dengan memakai warna-warna netral seperti cokelat dan abu-abu akan membuat ruangan lebih hangat. Sementara warna-warna seperti merah, ungu, hijau, atau biru akan membuat ruangan lebih ceria dan menghilangkan kebosanan. (Gusti Ayu Made Maharani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com