Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Ruang Pameran Makin Marak di Mal

Kompas.com - 07/11/2011, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Bisnis ruang meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE) semakin marak di pusat-pusat perbelanjaan. Banyak pengembang mulai melirik bisnis ini.

Ciputra Grup misalnya, kali ini juga terjun ke bisnis ini dengan membangun ruang pameran dengan nama Ciputra Artpreneur Center. Ruangan tiga lantai ini berada di Ciputra World Jakarta (CWJ), Jakarta, di bawah PT Citra Art Manajemen. Ciputra menyiapkan lahan seluas 4.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat galeri, auditorium berkapasitas 1.000 orang, exhibition hall, arena workshop, ruang pameran dan museum.

Untuk kebutuhan tersebut Ciputra menginvestasikan Rp 50 miliar untuk pengembangan CAC ini. Sekadar catatan, Ciputra mengalokasikan investasi Rp 5,5 triliun untuk CWJ.

Direktur Utama Citra Rina Ciputra menjelaskan alasan pembukaan ruangan ini lantaran masyarakat semakin membutuhkan ruang buat relaksasi dan menikmati akibat kesibukan sehari-hari. Di sisi lain, lanjutnya, seniman Indonesia semakin banyak dan membutuhkan tempat memamerkan karyanya.

Menurut Rina, ruang pameran cukup banyak namun tidak ada yang terintegrasi secara lengkap.

"Belum ada yang sekomplet CAC," kata Rina di Jakarta, Kamis (3/11/2011) lalu.

Nantinya, CAC bisa dipakai resepsi pernikahan, pertunjukan musik, pameran mobil ataupun perhiasan. Rina menyiapkan sejumlah lukisan khusus untuk mengisi CAC.

Lukisan ini diperoleh dari seniman Indonesia yang mengikuti Exhibiton Beyond the East di Roma, Italia, 15 November ini. Ciputra menggelontorkan sedikitnya Rp 1 miliar untuk memberangkatkan 15 orang dari Indonesia. Perusahaan menargetkan CAC beroperasi akhir tahun 2012.

Sembari itu, CAC beroperasi di dua gedung di arena Ciputra Marketing Gallery. Luasnya sekitar 750 m2.

Menurut Aisha Habir, Konsultan CAC, dalam sebulan bisa berlangsung satu atau dua pameran. Terakhir, pameran fotografi yang berlangsung sepekan ini. Jika dicatat, pengunjung CAC hampir 800 orang sejak beroperasi hampir dua bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com