Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyulap Kamar, Mengundang Kantuk Cepat Hadir

Kompas.com - 03/11/2011, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Pungkaskan semua masalah di kamar tidur. Maksudnya, bisa seharian sudah beraktivitas tanpa jeda, malam harinya kita harus berusaha tidur senyenyak mungkin agar semua lelah pergi. Esok harinya, niscaya, badan kita segar kembali.

Kamar yang nyaman tentu membantu tidur kita lebih berkualitas. Namun, kenyamanan itu tidak identik dengan kamar mewah. Kita cukup mendesain kamar tidur agar terasa teduh dan membuat kantuk lebih cepat hadir.

Kita bisa mulai memoles dari bagian dinding pada bagian belakang bed head untuk memberikan point of interest. Kita bisa menerapkan warna atau bahan yang berbeda agar kamar tampil dengan nuansa tersendiri. Bila menggunakan pelapis dinding, akan lebih baik jika warna dapat dikombinasikan agar lebih menawan.

Gunakan kombinasi yang tersedia di toko-toko wall cover. Kombinasikan warna maupun corak senada, sehingga tidak sulit untuk dipadukan dengan furnitur lainnya.

Demi penghematan, kita dapat menggunakan kombinasi material wall cover dengan cat dinding. Untuk bagian pemisah dapat diberikan border, baik dari kayu maupun material wall cover itu sendiri.

Khusus untuk menata kamar baru, kita bisa mencoba kombinasi contoh bahan, mulai dari wall cover dengan perabot, bahan lantai, hingga langit-langit. Penting untuk menjaga kesatuan dan keserasian ruang secara keseluruhan. Kalau kita suka dengan gaya minimalis, sesuaikan dengan motif yang tidak ramai.

Suka dengan gaya klasik? Anda bisa memilih motif-motif dengan detail yang cukup rumit. Corak yang ada cukup beragam hingga pop-art dan corak kartun untuk anak-anak.

Untuk lantai, kita bisa memadukan dua jenis bahan, misalnya keramik dengan parket atau keramik dengan karpet. Pilih satu bahan sebagai aksen atau gunakan bahan yang satu dengan menunjukkan hierarki yang lebih tinggi dibanding area lainnya. Bahan yang akan menjadi aksen sebaiknya hanya muncul pada bagian tertentu saja dari lantai.

Jangan lupa, sesuaikan warnanya agar tetap menarik dipandang. Aksen dapat juga dimunculkan dengan mengombinasi warna utama dengan warna lain, baik dalam dimensi yang sama maupun dalam dimensi lebih kecil atau lebih besar, dapat berupa potongan di sudut maupun dalam kreasi lainnya.

Besar kecilnya tekstur yang ditampilkan dari bahan penutup lantai akan memperkuat aksen. Dimensi dari tekstur batu-batuan kecil di atas hamparan pasir adalah contoh yang dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari. (TYS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com