Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sepelekan Lima Aspek Keseimbangan Hunian

Kompas.com - 03/11/2011, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Setidaknya ada lima aspek penting dalam menata hunian untuk menciptakan hunian yang dinamis. Lima aspek tersebut ialah ergonomis, kesehatan, keamanan, ramah lingkungan, serta keindahan.

Aspek Ergonomis

Saat menata rumah, apapun yang diciptakan itu harus nyaman bagi tubuh manusia. Penggunaan lampu, misalnya. Anda sebaiknya memakai lampu yang cahayanya tidak mengakibatkan mata menjadi silau. Atau, pilih lampu LED (light-emitting diode) yang hemat energi.

Contoh lainnya adalah pemilihan sofa sebagai tempat duduk. Pilihlah sofa dengan porsi dudukan yang benar. Jangan tergoda membeli furnitur dengan harga miring, tapi tak nyaman untuk tubuh.

Aspek Kesehatan

Furnitur yang dipilih untuk mengisi rumah tentu harus memperhatikan aspek-aspek kesehatan, karena hal itu akan berpengaruh terhadap tubuh dan kesehatan penghuninya. Patut Anda perhatikan adalah materialnya, yaitu harus aman, tidak mengandung racun, tidak berbau, dan menghasilkan debu.

Aspek Keamanan

Keamanan di dalam rumah wajib diperhatikan apalagi bila Anda memiliki anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Hindari penggunaan furnitur dengan ujung yang tajam, periksa dan beri pengamanan untuk terminal listrik atau colokan kabel, tempatkan area bermain pada ruang yang aman.

Aspek Ramah Lingkungan

Rumah ramah lingkungan bisa diwujudkan lewat materialnya. Material ramah akan membuat bangunan lebih hijau. Kemudian, ikuti dengan menciptakan penghawaan dan pencahayaan yang cukup.

Selain itu, letakkan tanaman dalam ruang untuk mengurangi polusi yang mungkin timbul. Usahakan pula rumah tidak lembab dan tidak pengap.

Aspek Keindahan

Selain nyaman, rumah juga perlu ditambah sisi keindahannya supaya membuat penghuni menjadi betah berlama-lama di dalamnya. Misalnya, mengolah dinding rumah tak hanya dengan penggunaan cat, melainkan juga dipadukan dengan wallpaper atau ambalan. Kemudian, Anda juga bisa melengkapi rumah dengan taman dan kolam ikan sebagai penyegar lain agar tidak membosankan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com