Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stres? Coba Bercocok Tanam di Rumah!

Kompas.com - 26/10/2011, 13:03 WIB

KOMPAS.com - Hobi bercocok tanam diyakini banyak orang sebagai kegiatan yang bermanfaat untuk mengusir stres dan menghilangkan rasa suntuk. Yang dimaksud dengan hobi ini adalah bukan dalam konteks kegiatan pertanian, melainkan kegiatan memanfaatkan lahan kosong di halaman, dinding, atau atap rumah.

Di sisi lain, kegiatan bercocok tanam ini mampu mempercantik rumah Anda dengan nuansa hijau segar dari variasi tanaman. Kini, kegiatan ini tak hanya menjadi milik orang tua, namun anak muda pun banyak yang melakoninya.

Anda tidak usah membayangkan, bahwa hobi bercocok tanam identik dengan mengoleksi tanaman hias berharga mahal. Anda bisa menyiasatinya dengan tanaman buah yang ditanam di pot (berskala mini), tanaman bunga, sayur, atau tanaman hias sebagai pilihan menarik dengan harga terjangkau. 

Hobi satu ini pun terbilang cukup simpel dan tidak merepotkan. Saat ini, semakin beragam pupuk olahan instan dan media tanam dijual di pedagang tanaman. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan lahan, baik itu hendak menanam langsung di tanah, memakai pot, atau dengan cara merambat di dinding, pagar, dan atap rumah.

Hanya, patut diingat, Anda jangan hanya tergiur warna dan keindahan tanaman semata. Sebaiknya, ketahui dengan tahu betul cara perawatannya, kebutuhan air dan pupuknya, serta kemampuan tanaman beradaptasi di iklim tropis. Oleh karena itu, jangan segan-segan bertanya kepada si penjual tanaman.

Sebagai contoh tanaman yang tahan dalam kondisi kering seperti aloevera, adenium, dan jenis-jenis teh. Sebagai penutup tanah, Anda bisa mencoba menggunakan rumput gajah mini.

Namun, meskipun hobi ini cukup simpel, bukan berarti Anda mengabaikan proses perawatannya. Misalnya saja, Anda rajin menyiram dan menyianginya, serta mencabut gulma yang kerap menumpang tanaman pot Anda.

Khusus untuk menyiram, saat di musim kemarau, Anda harus melakukan secara rutin dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pasalnya, pada kedua waktu tersebut, tanaman membutuhkan asupan untuk berkembang paling banyak dibanding waktu-waktu lainnya. Sedangkan pada musim hujan, Anda cukup menyiraman hanya ketika tanah mulai terlihat mengering.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang teknik penanaman, Anda bisa menemukannya di majalah atau buku, atau internet yang berisi bermacam tips bercocok tanam. Jadi, jangan ragu lagi memulai hobi seru ini. Siapa tahu, dari sekadar hobi justru bisa meraih peluang bisnis. (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com