Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Cantik dengan Pola Simetris

Kompas.com - 14/10/2011, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana Anda menata interior rumah Anda? Menyerahkannya pada jasa penata interior atau Anda mengaturnya sendiri?

Menyerahkan urusan menata bagian dalam rumah memang lebih gampang jika diserahkan kepada penyedia jasa penataan interior, tetapi biaya yang dibutuhkan tentunya lebih tinggi. Hasil tampilannya pun berbeda jika dibandingkan dengan mengatur ruangan sendiri.

Namun, Anda pun bisa mengatur bagian dalam rumah secara menarik, asalkan tahu kuncinya. Salah satunya adalah menerapkan prinsip pola tata ruang yang simetris. Dengan pola ini, posisi perabot, seperti kursi, meja, dengan lemari pajangan atau hiasan dinding dalam posisi segaris atau sejajar membuat tampilan ruang menjadi terlihat lebih rapi dan tertata.

Komposisi yang tepat antarperabotan pun akan menimbulkan kesan tersendiri. Tak heran, menata interior secara simetris menjadi pola yang digemari banyak orang.

Pada pelaksanaannya, penataan ruang dengan pola yang simetris juga tak sulit untuk diterapkan. Kelebihan lainnya, pola simetris dianggap "aman". Sebab, berbagai furnitur, lampu, dan penghias ruangan lainnya juga akan tampil lebih menarik jika ditata secara simetris. Sebagai contoh, sofa diapit dengan dua meja sudut dengan dua table lamp atau meletakkan guci yang sama.

Bisa juga dengan meletakkan bench yang menjadi pembatas antara ruang duduk dan ruang makan. Usahakan posisinya berada segaris dengan meja makan. Untuk mempercantik ruangan, Anda tinggal memadukan dengan perabot lainnya.

Kesimetrisan dalam ruangan memang membuat rumah terlihat lebih atraktif. Meskipun pola ini bisa diterapkan pada seluruh ruangan, tetapi Anda tidak harus menerapkannya ke seluruh sudut ruangan. Anda bisa bebas mengkreasikan salah satu sisi ruangan yang diatur tidak simetris atau asimetris.

Untuk mengisi bidang yang kosong dalam ruangan, Anda bisa meletakkan lukisan, patung, rak buku, atau yang lainnya pada bagian tersebut. Penerapan pola simetris memang akan lebih optimal jika perabotan dalam ruang termasuk berbentuk kotak. Berbagai bentuk perabot seperti oval dan bulat pun bisa ditata dalam bentuk yang simetris.

Namun, yang tak boleh dilupakan adalah ukuran dan proporsi perabot yang Anda tata. Pastikan penataan perabot atau furnitur terlalu memenuhi ruang dan membatasi gerak para penghuni rumah. (MIL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com