Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Mahal Mendekorasi Kamar Anak

Kompas.com - 07/10/2011, 19:35 WIB

KOMPAS.com — Mendekorasi kamar anak tak perlu dengan hiasan-hiasan mahal karena yang penting selaras dengan jiwa mereka. Kamar anak mesti didesain agar mereka nyaman beristirahat dan betah belajar.

Mendekor kamar anak memang bukan perkara gampang sebab tak sekadar memilih pernik dan perabot sesuai kebutuhannya. Di sini, orangtua juga harus menyelami dunia imajinasi mereka agar bisa menerjemahkan atribut-atributnya dengan pas dan aman.

Tempat tidur, meja belajar, dan lemari merupakan tiga perabot yang harus ada di kamar anak. Ketiganya wajib ada untuk menyimpan berbagai keperluan mereka.

Namun, jika anak sudah memasuki usia sekolah, ada baiknya Anda mengajaknya berdiskusi. Di usia ini anak tentu sudah mampu mengungkapkan keinginannya, termasuk tentang tema kamarnya.

Lalu, bagaimana kalau si kecil masih balita atau dalam usia prasekolah?

Di usia seperti ini, keamanan tentu hal utama yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengisi kamarnya dengan beragam pernak-pernik. Anak berusia antara 1 sampai 5 tahun umumnya menyukai warna-warna dasar cerah dengan pola kompleks. Untuk itu, Anda bisa mengecat warna-warna dasar, seperti merah, biru, serta kuning untuk kamar si kecil.

Perbedaan selera

Sering kali kita tak sadar bahwa anak-anak cepat sekali berubah. Maka, bila dana yang tersedia untuk mendekorasi cukup banyak, ide mengecat dinding dan perabotan kamar dengan warna dasar tentu bukan masalah. Sebaliknya, jika kantong sedang tipis, Anda bisa tetap memilih warna-warna netral untuk menyapu dinding kamarnya.

Sebagai hiasan dinding, Anda bisa membuat gambar mural berpola dengan warna-warna. Tetapi, jika Anda tak cukup ahli untuk corat-coret, Anda cukup mewarnai dinding kamarnya yang kosong itu dengan poster bergambar tokoh-tokoh favoritnya. Jangan lupa, beri pemahaman terlebih dulu tentang tokoh-tokoh tersebut.

Tambahkan karpet dengan warna senada ruangan sebagai variasi. Bentuklah satu sudut yang nyaman dengan karpet dan banyak bantal sebagai tempat mereka membaca atau bermain. Di sini, Anda juga bisa menempatkan rak buku di dekatnya agar buku cerita anak Anda tak terserak berantakan.

Tidak hanya karpet yang bisa dijadikan sebagai variasi karena Anda juga dapat menggunakan play mat. Anda bisa membuatnya sendiri dari bed cover atau selimut sedikit tebal yang kemudian dijahit menyerupai quilt.

Bagi anak-anak usia prasekolah dan balita, Anda bisa menggantungkan papan tulis di dinding dengan ketinggian yang dapat dijangkaunya. Di usia ini, mereka tentu sedang senang menggambar dan akan lebih baik bila mereka menggambar di papan tulis ketimbang dinding. (TYS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com