Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Jangan Sembarang Tentukan Harga Rumah!

Kompas.com - 29/09/2011, 16:50 WIB

KOMPAS.com - Sebelum menjual rumah, Anda perlu mencermati harga pasaran properti dengan lokasi dan kondisi properti Anda. Menjual rumah memang tidak gampang, terutama menentukan harga jualnya.

Untuk itu, sebelum menjualnya Anda juga perlu mencantumkan harga rumah secara jelas. Calon pembeli akan berusaha menawar rumah dengan harga lebih rendah. Namun, agar harga rumah Anda tidak turun terlalu tajam, Anda harus memberikan batas harga untuk penawarannya.

Pertimbangkan juga ukuran dan luas bangunan beserta kualitas material di dalamnya, seperti fasilitas dalam rumah, dan akses rumah dengan lokasi-lokasi publik, seperti jalan raya, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain.

Jangan sembarangan menentukan harga. Anda bisa membandingkannya dengan harga properti di sekitar tempat tinggal Anda. Jangan lupa, pastikan juga harga rumah Anda tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah atau murah.

Usahakan juga agar harga rumah sepadan dengan kualitas dan fasilitas. Karena, jika dikaitkan dengan keinginan Anda melepas rumah dengan harga lebih bagus, Anda dapat memberikan nilai lebih kepada calon pembeli. Sebtulah misalnya, Anda terlebih dahulu merenovasi beberapa kerusakan atau kekurangan seperti mengecat ulang atau memperbaiki bagian-bagian yang sudah rusak atau jelek.

Rugi? Tentu saja, tidak. Sedikit biaya yang Anda keluarkan untuk merenovasi ini akan tertutupi dengan cara menaikkan sedikit harga jualnya. Yang pasti, Anda harus pintar-pintar meyakinkan calon pembeli bahwa mereka mendapatkan yang terbaik untuk setiap rupiahnya atas rumah Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com