Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Membiarkan "Carport" Gantikan Garasi

Kompas.com - 28/09/2011, 11:07 WIB

KOMPAS.com - Dewasa ini kebutuhan ruang-ruang dalam rumah terus mengalami pergeseran. Perubahan ini bukan hanya oleh lahan yang semakin terbatas, tapi juga perbedaan gaya hidup masyarakat perkotaan.

Perubahan ini termasuk di dalamnya adalah kebutuhan menyimpan mobil bergeser dari garasi ke carport. Menurut arsitek Her Pramtama dari US & P Architects, untuk menyimpan mobil orang lebih memilih carport ketimbang garasi.

"Bahkan, di rumah dengan lahan luas juga malas memiliki garasi, karena mobil hanya disimpan saat malam hari, sementara sebagian aktivitasnya ada di luar rumah," katanya.

Pramtama mengatakan, memiliki garasi artinya membatasi kebutuhan ruang. Sebabnya, lahan tersebut seharusnya dapat digunakan untuk kebutuhan ruang lain.

"Jadi, orang memilih menyimpan mobil di carport. Tinggal pasang pergola di atasnya, mereka sudah dapat melindungi mobil. Kalau mobil keluar, carport bisa dialihkan fungsi jadi tempat menjemur pakaian," jelasnya.

Pada dasarnya, carport adalah ruang terbuka sehingga mobil bisa terkena angin, udara, cahaya matahari, hujan, dan asap. Namun, seiring perkembangan desain, carport sendiri kini banyak desainnya. Untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang tidak terduga, maka carport diberi naungan agar mobil terhindar panas maupun dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com