Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI INVESTASISteven Eric Lazuardi
Sekilas tentang Steven The Steven Eric Lazuardi adalah konsultan Hokiplus. Lahir di Jambi, 2 Januari 1975, Steven mendalami ilmu china kuno dari nenek dan orangtuanya.Ia beberapa kali tampil di televisi swasta.

Saya Tertarik Terjun ke Bisnis Properti, Bagaimana ini?

Kompas.com - 27/09/2011, 15:52 WIB

Tanya:

Dear Bapak Steven, saya karyawan swasta dan sekarang sedang mencoba berinvestasi di bidang properti. Rencananya, awal bulan ini saya ingin join dengan teman-teman kantor saya untuk membuka usaha gold plate. Kira-kira, apakah saya cocok dengan usaha tersebut? Mohon sarannya.

Terima kasih

(Nurrisqy Ahadiyanto di Denpasar)

Jawab:

Terima kasih atas email Anda, Mas Nurrisqy. Tentunya, mencoba berinvestasi di bidang properti dapat dilakukan dengan banyak cara. Saran dari teman-teman Anda yang berhasil dalam dunia properti dapat diikuti dan bisa dijadikan pedoman untuk mengambil langkah-langkah tepat dan akurat.

Mas Nurrisqy, seperti halnya mendengar guyonan yang sering dilontarkan, yakni bila seseorang bergaul dengan tukang judi, maka lama kelamaan kita juga akan pintar dalam berjudi. Kiranya, pengertian negatif tersebut itu bisa dijadikan hal positif buat Anda. Karena, demikian juga bila Anda bergaul dengan orang-orang sukses, maka pandangan-pandangan positif tentang bisnis akan memotivasi Anda lebih maju.

Anda jangan khawatir berbuat kesalahan! Banyak yang bertanya, mengapa sangat sulit bila seseorang mau mandiri dalam sebuah bisnis. Jangankan mandiri, memulai bisnis saja banyak yang  menemukan kesulitan. Bukankah hal ini sering menjadi pertanyaan dalam kita diri sendiri?

Jawaban yang bijaksana adalah semua ini harus dikaji ke dalam diri Anda sendiri. Ada metode dapat dilakukan untuk menjawab agar seseorang dapat dengan cepat mencapai keberhasilan bisnis. Pertama, buatlah katalog name list daftar teman Anda yang berkecimpung dalam bisnis properti. Lalu, dari sekian banyak teman yang berada pada daftar tersebut, berapa orang di antara teman-teman yang telah berprestasi dalam dunia properti.

Selanjutnya, Anda harus meluangkan waktu untuk berbicara tentang bisnis investasi yang akan dijalankan. Buatlah catatan apa saja secara prosedural dan sistem yang mesti diterapkan bila mau berinvestasi di suatu daerah. Semakin banyak prihal tentang kelemahan dan kelebihan suatu bisnis yang telah diketahui, maka hal tersebut akan menjadikan diri seseorang untuk meraih lebih. Setidaknya, Anda tidak akan terperosok ke dalam jurang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com