Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Dua, Empat, atau Enam Kursi?

Kompas.com - 23/09/2011, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Apakah kursi di ruang makan harus terdiri dari satu meja lebar dengan banyak kursi mengelilinginya? Tidak juga! Coba telisik kembali kebutuhan kursi di ruang makan Anda.

Kebanyakan keluarga Indonesia merasa "wajib" menempatkan meja makan berukuran besar dengan banyak kursi di ruang makan rumah mereka. Kebiasaan ini terjadi, kemungkinan terbawa tradisi sejak zaman dahulu, bahwa kegiatan makan selalu bersama seluruh anggota keluarga. Jika sampai saat ini Anda memang tinggal bersama keluarga yang beranggotakan lebih dari empat orang, konsep ruang makan berkursi banyak tentu sangat tepat untuk Anda. Namun, bagaimana dengan keluarga yang hidup di kota besar? Mereka tinggal berdua dengan pasangan di rumah berukuran mungil?

Jika kondisinya demikian, mengapa harus memaksakan menempatkan meja berukuran besar dan banyak kursi? Tempatkan saja satu buah meja ukuran lebih kecil dengan dua buah kursi. Letakkan merapat ke dinding. Dengan demikian, banyak lahan kosong tersisa yang bisa digunakan untuk kebutuhan ruang lainnya. Bila mau ringkas, buat saja meja bar di dekat pantry.

Pemilihan ukuran meja dan jumlah kursi makan terdengar seolah bukan masalah besar, tapi tidak akan jadi sepele lagi kalau kaitannya dengan ukuran lahan. Jadi, soal jumlah kursi dan ukuran meja makan sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kebiasaan sehari-hari. Misalnya, Anda memang hanya tinggal berdua, tapi kerap menjamu keluarga dan tamu di rumah, maka Anda harus mempertimbangkan menempatkan meja yang lebih besar. Dengan menempatkan segala sesuatu sesuai kebutuhan, setiap ruang di rumah akan berfungsi lebih efektif dan efisien. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com