Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghijaukan Rumah Lewat Kreasi "Hardscape"

Kompas.com - 20/09/2011, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Semakin terbatasnya lahan, bukan berarti gerakan penghijauan berhenti di tempat. Kreatif menciptakan area hijau lewat paduan elemen keras non-tanaman atau hardscape dengan tanaman hijau, bisa menjadi salah satu pilihan.

Pilih hardscape berbentuk simpel namun awet, misalnya berbahan semen, batu, kaca, atau plastik. Hardscape yang cocok diterapkan biasanya pot tanaman.

Di pasaran, pot berbahan semen tersedia beragam jenisnya, sehingga muat untuk tanaman yang lebar atau subur. Selain banyak ragamnya, pot berbahan semen lebih awet ketimbang bahan lain seperti bambu dan kayu.

Pot berbahan plastik dan kaca, bisa Anda gunakan dengan meletakkannya di teras samping dan belakang. Tujuannya agar awet atau tidak cepat usang karena paparan sinar matahari dan perubahan cuaca.

Kalau hanya pot terkesan membosankan, coba berkreasi dengan meja taman, dan lampu taman. Letakkan meja di teras dengan beberapa pot di atasnya. Pilihan lainnya, memakai akuarium berisi ikan hias yang ditempatkan di sudut teras. Gemericik air akan menambah nyamannya teras rumah Anda. (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com