Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Seribu Arsitek Bertemu...

Kompas.com - 17/09/2011, 21:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa jadinya ketika 1.000 arsitek berkumpul dalam satu kesempatan? Pada Jumat (16/8/2011) di Menara UOB Plaza, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, sekitar 1000-an arsitek ini bertemu, berbagi, bersinergi, bersama-sama memikirkan dan mencarikan solusi permasalahan kota Jakarta.

"Permasalahan kota Jakarta tidak terlepas dari peran dan tanggung jawab arsitek sebagai agen pembangunan. Begitu banyak permasalahan di kota ini, bila arsitek tidak bersatu maka tidak akan selesai," kata Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta Her Pramtama kepada KOMPAS.com, Sabtu (17/8/2011).

Sebagai agen pembangunan, kata Pramtama, peran arsitek menentukan dan membentuk peradaban kota. Untuk itulah, dalam Temu 1000 Arsitek yang merupakan puncak acara ulang tahun Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ke-52 telah dihasilkan komitmen bersama.

"Semalam diluncurkan gerakan "Architect for People". Suatu gerakan moral yang dilakukan oleh para arsitek sesuai dengan kompetensinya memberikan kontribusi membantu masyarakat dalam membangun peradaban kota Jakarta yang lebih baik," ujarnya.

Gerakan bersama para arsitek ini mendapat dukungan penuh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. "Bapak Gubernur datang juga semalam, kebetulan beliau anggota IAI Jakarta. Beliau mengajak para arsitek Jakarta untuk berperan aktif dalam pembangunan kota. Bersama pemda, arsitek diajak menyusun visi pembangunan kota Jakarta bersama-sama," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com