Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengubah Psikologis Ruangan Lewat Warna!

Kompas.com - 16/09/2011, 13:19 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda, bahwa lewat pemilihan warna yang tepat akan mengubah psikologis di dalam ruangan? Trik pemilihan warna yang tepat akan menghasilkan suasana baru penuh kenyamanan.

Warna di ruang sempit

Di ruang sempit, warna-warna terang cocok digunakan pada dinding karena akan memberi kesan luas. Warna terang membuat jarak antar dinding terasa lebih jauh dari sesungguhnya.

Warna putih merupakan pilihan terbaik, efek yang bisa mendekatinya didapat dari warna biru muda atau biru pucat. Namun, akan lebih optimal, jika warna terang dikombinasikan dengan jendela besar untuk memasukkan cahaya alami.

Warna untuk ruang luas

Ruang luas memberi kesan dingin dan terasing. Untuk itu, gunakan warna gelap atau hangat seperti coklat atau biru tua. Warna-warna ini akan menciptakan suasana intim yang mendekatkan jarak antar dinding dan menghilangkan suasana dingin.

Warna untuk plafon rendah

Di ruangan yang sempit dan terlalu rendah, Anda sebaiknya menggunakan warna-warna terang atau lebih muda pada area plafon. Ruangan akan berkesan lebih tinggi karena warna plafon lebih terang dari warna dinding.

Warna untuk plafon tinggi

Untuk mengurangi kesan plafon terlalu tinggi pada ruangan besar, Anda bisa memberikan sentuhan warna lebih gelap daripada warna dinding. Hal ini akan menciptakan suasana lebih dekat dan intim. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com