Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teras Nyaman, Kocek Tetap Aman

Kompas.com - 15/09/2011, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Teras juga bisa berfungsi maksimal secara fungsional, yakni sebagai tempat berinteraksi yang nyaman dan menyenangkan. Jadi, dengan kondisi rumah mungil, fungsi teras bukan hanya untuk mempercantik tampilan fasad rumah.

Banyak cara bisa dilakukan agar teras nyaman tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Bahkan, kalau mau lebih kreatif, tak perlu keluar uang sama sekali. Berikut beberapa langkah bisa Anda ikuti:

Teduh

Tak perlu tampak "wah" untuk membuat tamu nyaman berlama-lama berada di teras, melainkan rasa teduh dan kesegaran berkat tanaman hijau di sekitarnya. Jika luas lahan sedikit, pemakaian pot dengan tanaman bunga tentu memberi kesegaran tersendiri.

Akuarium

Dengan lahan yang sempit, Anda tak perlu memaksakan diri mempunyai kolam ikan hias untuk mempercantik area ini. Akuarium dengan ikan-ikan warna-warni sudah cukup. 

Sampah

Ini yang seringkali dilupakan sehinga membuat tidak nyaman siapapun berada di area ini, yaitu meletakan tempat sampah di area ini atau persis di depan teras. Jika bukan karena pemandangan dan aroma tak sedap, lalat dari bak sampah juga sangat mengganggu kenyamanan.

Tontonan

Meskipun area ini bukan area formal untuk berbincang dan bercengkerama, bukan berarti privasi Anda sebagai pemilik rumah dan tamu Anda terganggu saat berada di sini, terutama teras yang menghadap langsung ke jalan di depan rumah. Bukan tak mungkin, siapa pun yang berada di teras bisa jadi "tontonan" para lalu lalang di jalan.

Untuk itu, ada baiknya Anda memasang pagar yang sedikit lebih tertutup, terutama pada lubang-lubang pagar dengan fiber berwarna. Bisa juga, Anda mengakalinya dengan tanaman rambat yang bisa menghalau pandangan bebas dari luar pagar ke dalam area teras.

Lampu

Selain lampu utama dengan cahaya terang, Anda bisa memasang lampu temaram di satu atau dua sudut teras jika enggan bercengkrama dalam suasana benderang. Apalagi, kini semakin banyak desain lampu taman yang bisa digunakan sebagai penerang teras, baik untuk diletakkan menempel pada dinding atau digantung di pilar area ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com