Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Ruangan, Beda Jenis Ubin

Kompas.com - 29/08/2011, 14:14 WIB

KOMPAS.com - Lantai rumah terkadang luput dari perhatian. Padahal, keberadaan lantai merupakan satu elemen penting dalam ruangan. Oleh karena itu, penting juga untuk mencermati lantai rumah Anda, apakah sudah tepat antara ubin yang dipasang dengan fungsi ruangannya?

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengelompokkan sifat ruangan di dalam rumah. Misalnya, ruang tamu dan ruang keluarga masuk dalam kelompok area publik. Artinya, area ini bisa diakses tak hanya penghuni keluarga, tetapi juga para tamu atau sanak saudara.

Kemudian ruang tidur atau ruang kerja yang biasanya diakses khusus penghuni rumah masuk dalam kelompok area pribadi. Adapun, dapur dan kamar mandi masuk dalam kelompok area servis.

Setelah dikelompokkan, panduan berikut ini bisa Anda aplikasikan dalam pemilihan ubin:
1. Ubin untuk area publik bisa dipilih yang memiliki tekstur halus. Atau pilihlah yang memiliki nilai estetika tinggi karena ruang-ruang disini kerap dikunjungi.

2. Ubin untuk area privat bisa lebih fleksibel sesuai selera penghuni rumah. Namun, tetap mengutamakan kenyamanan.

3. Ubin untuk dapur pilih yang kuat dengan permukaan licin agar mudah dibersihkan dari kotoran dan noda setelah memasak.

4. Untuk kamar mandi pilih yang bertekstur kasar agar mengurangi resiko kecelakaan di kamar mandi seperti terpleset.

5. Untuk area luar rumah seperti teras, bisa memakai ubin berbahan granit atau batu gamping. Pilih ubin yang tahan terhadap cuaca.

6. Ubin warna senada cocok ditempatkan pada ruang dengan luasan lebih sempit, sementara ruang luas bisa memakai komposisi ubin dengan variasi warna dan motif.

7. Hunian bergaya tropis dapat memakai ubin berbahan batu alam. Bisa juga memakain ubin terakota yang berbahan tanah liat.

8. Hunian bergaya minimalis, dapat memakai ubin berwarna putih untuk mengesankan tampilan rumah yang luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com