Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Ruangan yang Perlu Dipersiapkan di Hari Raya

Kompas.com - 23/08/2011, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Saat hari raya Idul Fitri tiba, pastinya Anda ingin rumah dalam keadaan siap sedia menyambut sanak saudara dan para tamu. Nah, ruang mana saja yang sekiranya perlu dipersiapkan?

Ruang tamu

Ruangan ini patut ditata dengan apik, rapi, dan diberi sentuhan berbeda agar memberi kesan menyenangkan saat tamu atau sanak saudara masuk ke dalam rumah. Misalnya, setelah memastikan sofa atau kursi dan meja dalam kondisi siap, berikan pemanis dengan menempatkan vas cantik dengan rangkaian bunga di atasnya.

Pilihan bunga seperti anggrek bulan, aster, krisan, mawar bisa menjadi pemanis ruangan. atau, bisa juga Anda menambahkan bantal-bantal hias pada sofa untuk mempercantik ruangan sekaligus tambahan sandaran duduk.

Ruang makan

Ruang makan menjadi pusat perhatian, karena di sinilah tersaji beragam hidangan lebaran yang biasanya dihidangkan untuk menjamu tamu atau sanak saudara. Jika biasanya ruang makan Anda terlihat biasa-biasa saja, maka berilah saatnya kini memberikan sentuhan berbeda dengan menata peralatan makan ala table setting.

Tempatkan bunga dalam rangkaian kecil di tengah-tengah meja. Atur kursi mengelilingi meja dalam posisi saling berhadapan. Beri sedikit aksesoris pada pinggiran kursi seperti hiasan berbentuk ketupat. Kini, table setting sudah siap!

Ruang keluarga

Bila rumah Anda memiliki ruang keluarga, ada baiknya ruangan ini benar-benar dipersiapkan. Pasalnya, ruangan ini bisa menjadi tempat berkumpul kedua, terutama ketika ada tamu lain datang sementara sanak saudara masih berkumpul.

Buatlah ruang keluarga ini dalam kondisi leluasa, misalnya dengan mengangkat meja. Kemudian, letakkan karpet di atasnya. Sediakan makanan dalam toples berikut minuman.

Kamar kecil atau WC

Karena akan kedatangan tamu dalam jumlah banyak, kamar kecil atau WC adalah ruangan yang tak bisa luput dipersiapkan sehingga perlu segera dibersihkan. Dengan kondisi kamar mandi bersih dan wangi, Anda telah memberi kesan baik bagi para tamu yang kebetulan masuk ke dalamnya.

Nah, selamat bersiap-siap menyambut lebaran!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com