Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorden dan Hangatnya Silaturahmi

Kompas.com - 05/08/2011, 13:18 WIB

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan ini Anda ingin memunculkan suasana baru di rumah Anda? Suasana baru lebih segar salah satunya bisa dimunculkan lewat penataan gorden yang baik untuk mendukung aktivitas silaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Sebelumnya, perlu Anda tahu, fungsi gorden sejatinya adalah mencegah cahaya masuk, mengendalikan aliran udara, serta menjaga privasi Anda sekluarga. Dan, gorden bergantung pada letak, ukuran dan bentuk jendela yang ditutupinya. Maka, agar Anda tidak salah pilih, berikut tips memilih gorden yang baik untuk dekorasi ruangan di rumah Anda:

Pertimbangkan bahan

Bahan gorden yang ideal adalah kain yang jatuhnya baik dan luwes sehingga indah dilihat. Bahan yang terbuat dari belacu, tenun, beludru, katun, satin, nilon, serta sutra merupakan aneka ragam bahan kain gorden yang bisa Anda jumpai di toko interior.

Sebagai saran, selain untuk menghemat pemakaian cahaya listrik, gunakan gorden yang tipis (vitrase) agar memungkinkan privasi pengguna ruangan tetap terjaga, namun cahaya matahari tetap bisa menerangi ruangan di siang hari. Sifatnya yang ringan dan luwes berkesan melayang memberi aksen yang eksotis di ruangan.

Warna dan Tekstur

Sebelum menentukan gorden pilihan, perhatikan dulu warna, tekstur, dan pola kain. Sesuaikan dengan ruangan yang akan dipasangi gorden.

Kain gorden yang tebal dan berwarna gelap berpengaruh terhadap banyaknya cahaya matahari ke dalam ruangan, sehingga memberi kesan hangat terhadap ruangan. Sebaliknya, warna-warna cerah seperti terakota, coklat muda, krem, atau putih sebaiknya dipasang di ruangan yang relatif sulit memperoleh cahaya alami agar ruangan terkesan terang dan segar.

Libatkan kreatifitas

Dengan kreativitas yang Anda miliki, tampilan gorden bisa lebih menawan, seperti pemakaian manik-manik. Anda pun bisa menambahkan bordiran, pita, payet, renda, atau sulaman sehingga motif gorden semakin menarik.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com