Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serius... Telusuri Dulu Tindak-Tanduk Pengembang!

Kompas.com - 05/08/2011, 11:54 WIB

KOMPAS.com - Hati-hati sebelum membeli apartemen adalah hal mutlak. Jangan hanya menjadikan tinggi rendahnya harga sebagai patokan membeli sebuah apartemen, karena kredibilitas pengelola apartemen perlu ditelusuri agar di kemudian hari tidak muncul masalah.

Seperti ramai diberitakan, Rabu (3/8/2011), pengelola Mediterania Apartemen Kelapa Gading, Jakarta Utara, terlibat cekcok dengan para penghuninya. Masalah yang diributkan berkaitan dengan harga sewa yang dinilai mengalami kenaikan selama beberapa kali secara sepihak tanpa adanya proses rapat melibatkan penghuni. Para penghuni itu notabene merupakan anggota sah dalam perumusan AD/ART pasal 10 ayat 1 dan 2 tentang Rapat Umum Tahunan serta tidak melalui RUA (Rapat Umum Anggota).

Nah, untuk menghindari Anda terkena masalah serupa di kemudian hari, ada baiknya Anda berhati-hati sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu apartemen yang Anda minati. Berikut beberapa hal perlu Anda pertimbangkan:

Manfaatkan kolektifitas jaringan

Sebaiknya, hindari membeli apartemen secara personal. Membeli apartemen secara berkelompok atau jaringan akan memberikan bargaining power dalam mengumpulkan informasi dan keuntungan bila Anda benar-benar membeli apartemen tersebut. Bahkan, dengan demikian pembeli kolektif bisa mendapatkan harga yang bagus serta mendapatkan lokasi atau unit pilihan.

Selain itu, bila secara berkelompok, Anda dan rekan-rekan bisa memiliki kekuatan hukum yang kuat bila terjadi sesuatu tidak diinginkan di kemudian hari.

Mengukur kredibilitas pengembang

Anda harus punya keyakinan dan kecermatan terhadap profil pengembang. Perlu diketahui, pengembang yang memiliki komitmen tinggi menjalankan proyeknya cenderung akan menjaga kepercayaan dan kenyamanan Anda sebagai penghuni di semua produk mereka. Apalagi, bila Anda membeli apartemen secara inden, Anda harus memastikan kondisi dan performa pengembang secara prima di mata publik.

Caranya? Hal itu bisa Anda lihat pada Aturan Sertifikat. Dasar perhitungan kepemilikan unit apartemen adalah Nilai Perbandingan Proporsional (NPP). Anda perlu tahu, hitungan NPP unit yang Anda beli itu sudah beres atau belum. NPP antara lain dipakai untuk menentukan besarnya service charge dan hak suara penghuni dalam pengambilan keputusan dalam komunitas dan sertifikat sendirinya sifatnya adalah HGB (Hak Guna Bangunan).

Property management

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com