Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari, Menyulap Istana bagi Diri Sendiri....

Kompas.com - 04/08/2011, 11:43 WIB

KOMPAS.com - Tata ruang berikut pencahayaan tentu mutlak dilakukan untuk memberikan kenyamanan optimal. Tak perlu mensyaratkan ukuran besar, ruangan yang ada sekarang pun dapat "disulap" menjadi sanctuary, atau bahkan istana bagi diri sendiri.

Setelah menyelesaikan tumpukan pekerjaan menghadapi kemacetan lalu lintas, duduk santai di rumah tentu menjadi harga yang pantas untuk membayar lelah dan kekesalan yang mungkin muncul. Di kamar tidur, misalnya, kita dapat berkreasi membuat bagian rumah ini tak sekadar ruangan untuk tidur, tapi juga tempat berleha-leha atau melancarkan hobi yang tak membutuhkan ruang besar, atau bahkan menjadi sumber inspirasi.

Di kamar tidur, kalau sudah merasa bosan dengan warna dinding yang ada sekarang, mengecat kamar menjadi langkah awal yang dapat dilakukan. Toh, saat barang-barang dikeluarkan, ini juga menjadi saat untuk membersihkan sudut kamar yang sebelumnya sulit, bukan?

Sebaiknya, pilih warna-warna pastel seperti hijau muda, krem, putih kebiruan, dan lain sebagainya. Untuk memberikan aksen pada satu bagian tertentu, gunakan warna lain yang sesuai. Warna lain ini, misalnya, dapat diaplikasikan pada bagian dinding yang ada jendelanya.

Jangan lupa, untuk menambahkan hiasan dinding yang dirasakan paling pas, bila perlu hiasan tersebut sekaligus menjadi memorabilia yang akan membangkitkan kenangan pada sebuah peristiwa atau tempat. Misalnya, jika Anda termasuk penggemar bertualang, senjata tradisional, foto, atau suvenir dari daerah yang dikunjungi menjadi sesuatu yang tentu memiliki nilai tersendiri. Yang jelas, jangan terlampau banyak karena justru akan mengurangi kenyamanan.

Sementara itu, jika ingin menjadikan kamar sekaligus sebagai ruang baca, tentukan salah satu sudut yang tepat untuk membaca, lengkap dengan sofa dan lampu meja yang mampu mendukung tampilan ruangan secara keseluruhan.

Yang tak kalah penting adalah memerhatikan sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Bukan cuma untuk kenyamanan, tapi juga menjaga tingkat kelembapan sehingga dapat menunjang kesehatan dan kondisi tubuh. Bila perlu, gunakan exhaust fan untuk membantu sirkulasi udara.

Penggunaan aroma terapi yang disebut-sebut mampu memberi ketenangan menjadi hal lain agar ruangan menjadi lebih nyaman. Sama halnya dengan wind chime di taman, agar saat angin bertiup, suara dari peranti ini mampu memberikan nuansa yang berbeda. (ASP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com