Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upsss... Jangan Salah Menempatkan Kaligrafi!

Kompas.com - 01/08/2011, 11:58 WIB

KOMPAS.com - Menyambut bulan suci Ramadhan tentu Anda ingin semua hal bernuansa Ramadhan. Keinginan itu tak terkecuali mengarah pada interior rumah Anda, bukan? 

Tak salah, memang, Anda menata kembali ruangan di rumah Anda agar lebih bernuansa Ramadhan karena ingin menambah kekhusyukan menjalankan ibadah puasa. Berbagai macam pilihan interior pun bisa membantu Anda mendapat suasana baru yang "damai" itu. Sebutlah misalnya, kaligrafi Arab yang bisa dipilih untuk menunjang pelaksanaan ibadah agar lebih khusyuk.

Namun perlu diingat, Anda jangan salah menempatkan aksesoris-aksesoris kaligrafi tersebut. Penempatan aksesoris yang keliru dapat mengganggu harmonisasi ruang.

Kaligrafi tidak selalu harus diletakkan di dalam musola yang dibangun di rumah. Di ruang lain pun kaligrafi dapat menjadi pilihan Anda berkreasi, terutama di ruang keluarga dan ruang tamu. Berikut adalah beberapa pilihan desain kaligrafi yang layak Anda terapkan di bulan suci Ramadhan tahun ini.

Throw

Throw atau kain yang disampirkan di sofa dalam menjadi pilihan menarik. Dengan warna dan gaya yang bernuansa Islami, Anda bia menempatkan sebuah throw berwarna hijau tua untuk melambangkan kesejukan bulan Ramadhan.

Taplak dan toples Turki

Untuk sementara ini, Anda bisa menyingkirkan majalah atau koran yang biasa menumpuk di atas meja ruang tamu. Dengan melapiskan meja memakai taplak bernuansa Islami, Anda kini bisa meletakkan toples Turki berbahan kristal hijau dengan kurma kering atau penganan kue kering lain yang biasa dikonsumsi di bulan Ramadhan.

Tafsir AlQur'an Antik

Selain untuk memudahkan Anda meraihnya, tafsir Alqur'an antik ini bisa dijadikan penyemangat suasana Ramadhan di ruang tamu Anda. Sebagai tambahan, Ansa bisa menyiapkan pernak-pernik antik bernuansa religius seperti dudukan Alqur'an. Ini bisa menjadi aksesori interior di bulan Ramadhan sehingga tidak selalu harus ada kaligrafi di dinding.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com