Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Horeee... "Art Center" di Jakarta Bertambah Satu!

Kompas.com - 11/07/2011, 18:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita gembira untuk dunia seni khususnya seni rupa. Pada Oktober 2011 mendatang akan dibuka galeri art center seluas 4.000 meter persegi di Jalan Rajawali Selatan Raya, Jakarta Pusat. Galeri seni ini akan berfungsi sebagai museum dan ruang pamer karya seniman.

"Karena galeri kami, Mon Decor, telah berdiri sejak 1983. Selama dua puluh tahun lebih, ada yang harus dikembalikan ke masyarakat. Maka sebagai puncak misi, kami mendirikan art center ini yang merupakan wujud kecintaan kami terhadap dunia seni," kata Martha Gunawan dari Galeri Mon Decor saat dihubungi di Jakarta, Senin (11/7/2011) lalu.

Menurut Martha, galeri seni ini akan dibagi menjadi dua ruang, yakni fungsi utama gedung sebagai museum baru, dan ruang lainnya ruang pamer karya seniman.

"Museum untuk tujuan nonprofit dan diperuntukkan bagi seniman yang telah mencatatkan sejarah dan juga punya rekam jejak. Meskipun beraliran seni kontemporer, tapi jika reputasinya sampai di luar tetap bisa masuk. Kalau di ruang pamer atau MD art space, semua seniman muda dapat berpameran, yang penting lolos kurasi," paparnya.

Galeri seni yang namanya masih dirahasiakan ini, lanjut Martha, merupakan karya arsitek Sardjono Sani, salah satu arsitek yang memiliki reputasi di bidang seni.

"Beliau itu pernah memenangkan lomba untuk kategori merancang museum. Rancangannya di galeri ini akan mengetengahkan rasa kontemporer, ruang museum akan bergaya klasik," katanya.

Ia menambahkan, galeri seni yang terdiri dari enam lantai ini direncanakan akan memprogramkan empat kali pameran dalam satu tahunnya. Pada saat pembukaannya nanti akan dilakukan pameran pembukaan sejumlah karya seniman berupa lukisan, patung, instalasi, video art, multimedia, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com