Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pluit Sea View", Makin Sehat Dekat Dengan Laut

Kompas.com - 11/07/2011, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingginya tingkat polusi di Jakarta menyebabkan kualitas udara yang sehat terus menurun dan potensi penyakit meningkat. Hal ini memunculkan tren green property, karena selain hunian ramah lingkungan, di situlah masyarakat berharap bisa tinggal di kawasan sehat dan lebih baik kualitas udaranya.

Untuk menangkap peluang dan harapan tersebut, salah satu upaya tengah dikembangkan oleh Binakarya Propertindo Group (BPG) adalah merencanakan pembangunan Pluit Sea View. Sebagai pengembang apartemen menengah, Binakarya merencanakan apartemen menengah ini sebagai apartemen hijau dengan pemandangan laut yang berudara segar.

"Dekat dengan laut itu bermanfaat positif bagi kesehatan karena udara laut kaya akan sodium dan yodium. Iklim tepi laut juga direkomendasikan bagi mereka yang cenderung rentan terhadap keluhan kronis seperti bronkitis dan rematik," ujar Endang Susilomurti, Head Of Corporate Communication Binakarya Propertindo Group, pengembang Pluit Sea View, kepada Kompas.com, Senin (11/7/2011).

"Udara laut juga menyehatkan karena mengandung konsentrasi ozon atau activated oxygen yang tinggi dengan sifatnya yang menjernihkan udara" tambah Endan.

Selain pemandangan laut, lanjut Endang, keunggulan utama dari proyek dengan total luas lahan hampir 4 ha yang sedang direncanakan ini, adalah adanya public area berupa tempat untuk berjalan-jalan menikmati kapal yang sedang bersandar (promenade). Keberadaan promenade ini rencananya didesain untuk melengkapi adanya boat deck dan dermaga.

Selain itu, di lokasi ini juga akan dibangun jogging track di sepanjang promenade sehingga penghuni nantinya benar-benar dapat menikmati segarnya udara laut setiap saat. Adapun tipe unit yang sedang direncanakan adalah mulai dari 1 kamar (studio), 2 kamar, dan 3 kamar.

Pluit Sea View juga rencananya akan dilengkapi sarana pendidikan serta sarana rekreasi danau. Sedangkan untuk fasilitas unggulan lainnya, papar Endang, juga akan disiapkan bicycle track, swimming pool, food court, fitness center, BBQ area, children playground, sky garden, dan sistem kemanan 24 jam dilengkapi CCTV.

"Manfaat positif udara laut bagi kesehatan ini nampaknya akan digunakan dengan sebaik-baiknya. Misanya, pada pagi atau sore hari banyak penghuni yang nantinya dapat memanfaatkan fasilitas jogging track dan bicycle track untuk jogging dan bersepeda atau sekedar jalan santai di tengah udara segar demi menjaga kesehatan sekaligus menikmati pemandangan laut," ujar Endang.

Ia menambahkan, selain mendapatkan manfaat dari meningkatnya nilai investasi properti ini, masyarakat juga menikmati kualitas lingkungan dan kenyaman terbaik. Hal ini dikarenakan harga yang dipatok sangat kompetitif.

Secara terpisah, Kepala Riset Jones Lang LaSalle Anton Sitorus menuturkan, pasokan hunian vertikal tahun ini akan melonjak hingga 4.100 unit dibanding periode 2010 yang kurang dari seribu unit. Penyelesaian sejumlah proyek apartemen pada tahun ini menjadi penyebab banyaknya pasokan. Dengan demikian, membuat tingkat penyerapan juga akan bertumbuh pada tahun ini.

"Namun, tingkat okupansi di apartemen pada tahun ini diperkirakan 63 persen," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com