Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cermat Mengatur Penerangan di Kamar Anak

Kompas.com - 07/07/2011, 06:18 WIB

KOMPAS.com - Kamar anak harus sehat supaya anak tetap beraktivitas dengan lincah dan ceria. Untuk mewujudkan kamar anak yang sehat, Anda bisa melakukannya dengan memperlancar sirkulasi udara yang masuk dan keluar, serta mengatur penerangan di dalamnya.

Memperlancar sirkulasi udara bisa dilakukan dengan memberi bukaan dalam kamar yang menghadap ke luar. Bukaan alamiah seperti jendela akan memuluskan cahaya matahari serta udara segar berganti keluar masuk kamar anak.

Kamar yang cukup cahaya matahari dan udara akan mengusir kelembaban. Kamar yang lembab kurang baik untuk pernafasan anak. Maka, agar lebih maksimal, tempatkan meja belajar atau area bermain yang dekat dengan jendela. Cukupnya sinar matahari saat melakukan kegiatan di dua area ini akan menghemat penggunaan listrik untuk lampu pada siang hari.

Selain pencahayaan alami, Anda juga perlu menempatkan penerangan sekunder yang berasal dari lampu saat malam tiba. Lampu yang Anda butuhkan sebaiknya ditempatkan di langit-langit sebagai lampu utama pada malam hari. Begitu juga lampu di area belajar saat buah hati belajar pada sore atau malam hari.

Lampu tambahan di dekat tempat tidur atau nakas dapat juga ditempatkan bila anak tidak suka kamarnya dalam keadaan gelap. Hindari penggunaan lampu meja yang rentan tersenggol oleh anak dan pastikan bahwa semua colokan listrik tertutup atau aman dari jangkauan anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com