Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Laser Cut", Membuat Detail Hias Furnitur Semakin Cantik

Kompas.com - 28/06/2011, 10:23 WIB

KOMPAS.com - Kemajuan bidang interior saat ini terus didukung oleh kemajuan teknologi, salah satunya adalah penggunaan laser untuk memotong material untuk produk-produk furnitur. Dengan teknologi yang akrab disebut dengan laser cut ini, bahan apapun dapat dipotong dan dihias dengan detail yang tak biasa dilakukan secara manual.

Humas PT Aman Tirta Nina F Panuju mengatakan, teknologi laser cut memang telah banyak dikembangkan di Indonesia. Pada produk interior, kecepatannya memotong material keras ataupun tipis, beserta detail-detail yang unik menjadi kelebihan teknologi ini.

"Kalau di tempat kami, tiga bahan yang paling sering digunakan yaitu dari stainless steel, alumunium dan baja. Dari ketiga bahan ini, tingkat kesulitan paling tinggi adalah bahan alumunium, terutama karena ketipisannya, sementara laser yang digunakan memiliki daya panas tinggi sehingga dikhawatirkan akan meleleh," katanya saat ditemui di pameran Indonesia Building Technology Expo 2011 di Jakarta Convention Center, Jumat (24/6/2011).

Nina mengatakan, pihaknya bisa menerima pesanan apa saja, dengan bahan apa saja berikut warna dan desainnya.

"Bedanya dengan yang lain, kami satu-satunya yang melakukan laser dengan bentuk pipa. Bentuk pipa yang melingkar memiliki tingkat kesulitan dan ketelitian lebih tinggi," ujarnya.

Teknologi ini juga memberikan efesiensi waktu yang signfikan. Pembuatan furnitur seperti meja, kursi, jam dinding, pigura, bahkan sekat dapat dilayani dalam jangka waktu seminggu.

Nina menambahkan, untuk pemesanan sampai pengerjaan sebetulnya cukup cepat. Yang membuat agak lama adalah bagian penyempurnaan, misalnya dengan penambahan coating powder atau pengecatan.

Furnitur dengan laser cut ini memiliki detail ukiran atau lekukan keindahan yang menawan. Dipadu dengan lampu atau aksesoris lainnya, detail interior akan menghasilkan furnitur yang menawan.

Selain memiliki nilai artistik, lanjut Nina, furnitur dengan teknologi laser juga aman dari jangkauan anak-anak karena pada bagian penyempurnaan dibuat tidak runcing atau tajam. Perawatannya juga cukup mudah.

Caranya, ambil lap basah untuk mengusir debu atau kotoran yang kerap menempel. Sebaiknya, tempatkan furnitur seperti ini di dalam ruangan, agar lebih tahan lama dan tidak terkena karat karena cuaca.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com