Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terang dengan Atap Kaca, Sejuk dengan Air Terjun

Kompas.com - 24/06/2011, 17:26 WIB

KOMPAS.com - Ingin membuat ruang di tengah rumah jadi sejuk? Buatlah innercourt, dan gunakan atap kaca untuk membuat ruang tetap terang.

Kenyamanan di dalam rumah tak hanya terasa saat ruang terasa lega. Aliran udara yang mengalir dan ruang-ruang yang terang pun bisa jadi solusi kenyamanan.

Namun, untuk yang terlanjur memiliki rumah tanpa innercourt, Anda juga bisa membuat innercourt dengan ukuran relatif sempit. Panjangnya cukup 3 meter dengan lebar 1 meter.

Caranya?

Modifikasi saja atap di rumah dengan membentuk rangka atap dan mengganti penutup atap genteng dengan atap kaca. Jangan lupa, tetap sisakan lubang untuk pertukaran udara dari dalam ke luar ruangan.

Atap kaca bisa dibuat dengan rangka baja yang menempel pada dinding. Kaca yang ideal untuk digunakan adalah kaca tempered dengan ketebalan 8 milimeter untuk mencegah keretakan akibat muai-susut struktur rangka baja.

Supaya semakin sejuk, innercourt bisa dilengkapi dengan olahan air terjun. Kombinasi udara yang mengalir, cahaya terang, dan "angina mikro" yang ditimbulkan oleh jatuhnya air bisa menambah kenyamanan di dalam innercourt.

Nah, sekarang innercourt sudah bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai.

(Indra Zaka Permana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com